Persiapan IVF (Day 8-10)

Posted by asti 20.11.13
4 November 2013 (Hari 9 Haid)
Sesuai janji sama dokter, setelah dapet 3 kali suntikan tambahan Gonal F dan cetrotide, hari berikutnya (which is hari ini) diminta untuk tes darah lagi untuk cek Estradiol (E2) dan Progresteron (P4). Seperti kemaren mesti dateng pagi-pagi ke lab di Morula. Sorenya diminta ketemu dokter sambil bawa hasil tes darahnya ples cek lagi perkembangan telurs.

Hasil tes darah E2 level ada di 2500 an dan progresteron ada di 0.8. Alhamdulillah E2 masih jauh dari batas ambang maksimal 4000.



Just like Goldilocks' porridge, the estradiol level during an IVF cycle needs to be just right. Too high, you're at risk for hyperstimulation. Too low, your response to your doctor's protocol may not be optimal. But what exactly is a good, low, or high estradiol level? How can you judge the progress of an in-vitro fertilization cycle by the estradiol levels?
It's difficult to give exact numbers because every cycle and body is different, but, in general, a 'good' estradiol level is between 150- 500 pg/ml on day eight of an IVF cycle. Approximate doubling of the day eight value every 48 hours is a positive sign of continued follicle development. 
As for high estradiol levels, anything over 3000 is considered high and at risk for hyperstimulation (also referred to as Ovarian Hyperstimulation Syndrome or OHSS). Because hyperstimulation can be serious, yourfertility treatment center may reduce the dosage on your medications and 'coast' until the levels come down. If levels remain high, the cycle could be canceled due to the risk to your health as well as the fact that coasting for too long can reduce egg quality.
sources diambil dari sini dan sini.

Dari hasil pemantauan telurs ada beberapa yang sudah mencapai syarat minimum 18mm alhamdulillah semoga telurs juga ga kosong ya pas diambil nanti. Malam itu, dokter minta gw sekali lagi suntik Gonal F dan Cetrotide dan besok balik lagi cek darah E2 dan P4 disekaligus cek telur (lagi) untuk penentuan jadwal suntik Ovidrel dan OPU (Ovum Pick Up). Jadi ketika nanti sudah siap dan dilakukan OPU, telur-telur yang sudah berkembang dan siap dibuahi diambil untuk diproses di laboratorium. Makin deg degan deh deket hari OPU, makin parah deg degan pas gw browsing-browsing lagi, akhirnya gw putuskan ini saat yang tepat untuk berhenti browsing ya.. saatnya untuk dijalani aja dan banyak berdoa dan yang pasti pasrah. 

Beberapa FAQ seputaran IVF bisa dibaca disini.

5 November 2013 (Hari 10 Haid)
Lagi hari libur 1 muharram judulnya, tapi nggak bisa leyeh-leyeh karena mesti dateng ke Morula jam 8 pagi sharp, begitu pesen susternya. Dokter irham ga bisa lama karena akan ada tindakan dan karena hari libur cuman buka setengah hari. 

Ambil darah E2 dan P4 (lagi) sebelum ketemu dokter dan cek cek telurs. Dari suntik semalem lumayan besar sedikit meski nggak signifikan ya. Dari hasil USG dokter sih udah bisa kasih ancer-ancer OPU akan dilakukan di hari Kamis, 7 November 2013 jadi suntik pemecah telur dilakukan malam ini nunggu SMS suster tentang hasil lab E2 dan P4 ples kepastian jadwal OPUnya. Karena mesti disinkronkan kesiapan ruang operasi nya dengan suntik pemecah telur, kalo misal OPU jam 9 pagi maka suntiknya juga jam 9 malem. 

Terkait kembung-kembung begah, mual yang makin meningkat dari kemaren, dokter irham bilang masih wajar mengingat jumlah telur yang membesar banyak, dari level E2 dan hasil USG juga belum ada cairan yang mengkhawatirkan. Semoga ya nggak sampe OHSS (tenggak susu LMen sama putih telur banyak-banyak). Tapi beliau sih bilang, kalo hasil E2 pagi ini ternyata hasilnya lewat 4000 mesti dikasih obat dulu dan OPU ditunda sehari. 

Malem hari jam 7 dapet kepastian dari suster Morula level E2 ada di 3.241 dan P4 1,5 yang artinya nggak perlu minum obat yaaaaay... dan jadwal untuk suntik Ovidrel malam itu juga jam 21.30 sharp ga pake telat. Langsung meluncurlah kami, karena Morula sudah tutup obat yang kami titip di Morula sudah dikirim ke RS Bunda buat suntik pemecah telur. Ini enaknya program di Morula, semua obat udah diurusin, kita tinggal dateng ke Morula atau ke RS Bunda kalo Morula nya udah tutup. 

6 November 2013 (Hari 11 Haid) 
Hari istirahat. Nothing to do... ga perlu cek darah ga perlu ketemu dokter, masuk kantor seperti biasa. Banyak doa dan siapin mental untuk OPU besok. Deg degan paraaaaah ciiiiing.. Belum pernah masuk RS seumur hidup, belum pernah di infus apalagi di bius. Semoga semua baik-baik aja. 

... to be continued...

0 Responses to Persiapan IVF (Day 8-10)

Post a Comment

Tick.. Tack..

Daisypath Anniversary tickers Lilypie Kids Birthday tickers

Blap Blip Blup

Popular Posts