Listrik Prabayar

Posted by asti 30.12.10
Listrik di rumah kurcaci terpasang dengan sistem prabayar. Fasilitas ini memudahkan mengingat praktis dari sisi penggunaannya dan relatif lebih murah. Sistem listrik prabayar ini bisa kita gunakan dengan cara beli voucher listrik seperti voucher pulsa hape prabayar di loket-loket tertentu yang kadang juga menyediakan jasa sms nomer token yang kita butuhkan dan pembayaran akan diambil di rumah. Atau pilihan lain kita juga bisa beli via atm. Jadi dengan begitu kita nggak perlu lagi antre panjang di loket untuk bayar listrik dan memperkecil kemungkinan kesalahan pencatatan meteran oleh petugas dan tentu saja nggak perlu repot urus restitusi atas kesalahan tersebut. Kalo murahnya menurut gw, sistem ini nggak mengenakan biaya abodemen listrik, hanya saja kalo kita beli lewat atm dikenakan biaya administrasi sebesar 2500 rupiah.
Gw sendiri untuk pembelian voucher hampir selalu via atm mandiri atau kalau kepepet beli lewat mas-mas langganan yang bisa di sms dan nanti dia akan ambil pembayarannya kerumah.
Caranya pembelian via atm mandiri sebagai berikut :
  1. Masuk menu pembelian/pembayaran
  2. kemudian pilih multipayment
  3. Masukkan kode 30300 untuk pembelian voucher listrik prabayar
  4. Masukkan 11 digit meter ID yang kita punya, kalau belum tahu kita bisa lihat di layar yang ada di meteran listrik
  5. Masukkan nilai pembelian
  6. Verifikasi nilai pembelian kita dengan memasukkan nomor pilihan yang tertera di layar
  7. Proses pembelian selesai, kita akan memperoleh struk pembelian yang didalamnya terdapat 20 digit token voucher
Selanjutnya 20 digit yang kita peroleh tersebut bisa kita masukkan ke meter listrik kita dan tekan tombol enter. Kalau berhasil angka penunjuk sisa listrik yang kita punya akan bertambah.
Kemungkinan yang terjadi, kalau misal struk yang keluar dari atm tidak memunculkan 20 digit nomor token melainkan hanya mencetak nomor referensi maka kita harus melakukan advance purchase kembali via atm dengan cara :
  1. Masuk menu pembelian/pembayaran
  2. kemudian pilih multipayment
  3. Masukkan kode 30301 untuk advance payment
  4. Masukkan 10 digit nomor referensi yang tertera di struk pembelian
  5. Setelah itu akan tercetak struk yang berisi 20 digit nomor token.
Kalau proses tersebut tidak berhasil kita bisa membawa struk tersebut ke bank mandiri terdekat atau dengan menelepon mandiri call centre 021-52997777. Kita akan dibantu untuk men-generate nomor referensi yang kita punya dengan 20 digit token, nggak langsung dapet siy tapi kita akan diinformasikan kemudian dan pengalaman gw nggak lama sejak gw nutup telepon laporan gw udah ditelepon balik. Pelayanan yang jempol deh :)

Mengingat di layar meteran listrik kita selalu tertera sisa listrik yang kita punya, kita cenderung bisa pantau penggunaan secara berkala dan secara nggak sadar seharusnya akan mendorong kita untuk lebih berhemat. Tapi jangan sampai lupa kontrol sisa listrik kita berapa, kalo nggak tar terpaksa gelap-gelapan karena mati lampu. Kalau kita termasuk pelupa, seperti misal MI (hihihi semoga doi ga baca) bisa disiasati dengan selalu menyimpan nomer token cadangan untuk berjaga-jaga.

Salam hemat listrik... hohoho...

8 Responses to Listrik Prabayar

  1. Anonymous Says:
  2. thx, artikelnya, it's help

     
  3. aduh mas tq ya ini membantu bgt ...
    ane gk ada nomor tokennya soalnya panik jd hhe tq ya ..

     
  4. asti Says:
  5. hihihihi kebetulan gw blom operasi jadi cowok tuh Om..

     
  6. makasih ya benar2 membantu

     
  7. makasih ya bnr2 membantu

     
  8. Afif Says:
  9. thx buat infonya, ane jadi nemu call centernya (ane kira cuma yg 14000)

    tp jujur pengalaman ane barusan justru sebaliknya. berikut kronologinya...

    sekitar jam 3an wita kwh listrik di warnet udah mo habis, nah ane kan biasanya beli token via IB Mandiri, dan sebelumnya lancar-lancar aja. eh ga taunya yg keluar bukan token, melainkan Adv Puchase (10 digit no. referensi). mana warnet lagi rame pula, kwh udah limit banget, mana bisa konsen. ane ubek-ubek di menu multipayment kagak nemu-nemu juga. dapet notif via sms kalo rek ane udah di debet. tapi mana 20 digit tokennya??? :confused:

    ane gugeling, salah satunya nemu blog ini, dan yang ane inget cuma REGENERATE No. Referensi, kagak inget sama tulisan kalo MANDIRI BISA TELEPHONE KITA BALIK.

    sebelum ane dial number 021-52997777, ane gugeling terus. ane ubek-ubek juga menu IB Mandiri, dan akhirnya nemu di Menu Bayar, Sub Menu Listrik/Gas, ane pilih PLN PrePaid Adv Purchase, ane masukin 10 digit no. referensi, dan ternyata yang keluar adalah "Permintaan Anda Tidak Dapat Diproses, Provider Database Problem". Nah loh... kenape lagi negh??? :angry:

    malemnya ane telephone deh tuh nomor yg ane dapet dari blog ini, cowok yg jawab (dari nada bicara sepertinya orang baru atau mungkin anak magang, CMIIW), bahasa inggrisnya juga 'rada payah'.

    dia bilang deh "KEMUNGKINAN ADA MASALAH PADA JARINGAN KAMI". wah wah... parah, tp yg jelas koneksi internet di warnet fine-fine aja, kalo masalah jaringannya Si Mandiri ane kagak tau. terus ane tanya, "kalo via ATM bisa?" di jawab, "ATM bisa..."

    singkat cerita ane langsung ke ATM dan ane Adv Purchase di menu. yang keluar adalah, "Mohon Maaf Transaksi Anda Tidak Dapat diproses". :cd:

    ane telephone lagi di nomor yang sama, kali ini yang angkat telephone cewek (cantik kayaknya) :D

    berbeda dg CS sebelumnya yang nanya data-data sekomplit-komplitnya, mbak yang ini cuma menanyakan no.rek. dan nama pemiliknya saja. sempat dua kali disuruh nunggu karena nge-check billing. dia juga bilang kalo via ATM emang GA BISA Adv Purchase. Jadi tambah ga yakin sama CS sebelumnya, hadhew! dan akhirnya jawaban terakhir kurang lebihnya adalah, AKAN KAMI COBA MEMBUATKAN SURAT KETERANGAN, BAPAK BISA MENGGU SELAMA 14 HARI KERJA. DAN BIASANYA DANA BAPAK YANG TELAH DI-DEBET AKAN DI-KREDITKAN KEMBALI". Denger jawaban kayak gitu, siapa yang ga shock coba? 14 HARI??? di RE-KREDIT-KAN, tapi kok BIASANYA??? ampuuunnn...... ampuun...

    ane cuma bisa jawab, "dan saya KAPOK!".

    *conclusion*
    #1. Belilah token/pulsa listrik hanya di PPOB khusus (bukan via Internet Banking)
    #2. Bisa gugeling juga, karena banyak yang menyediakan jasa ini via WEB, dan transaksi bisa via sms/BBM/YM!

    kalau token ga kita terima, kita tinggal minta refund aja. terutama kalo kita belinya via offline ke konter PPOB nya. :D

     
  10. Unknown Says:
  11. Need help guys... Aku juga dpt no referensi aja. Aku coba cari kode advice payment (30301) kok ga terdaftar ya? 30300 juga ga ada. Apa atm mandiri sekarang kode itu emang udh ga ada? Trus gimana dunk???

     
  12. Unknown Says:
  13. ane isi dari lewat m banking bca kok cuma dapet 12 digit ya bukannya 20 digit?saya harus gmana ya?makasih sebelumnya...

     

Post a Comment

Tick.. Tack..

Daisypath Anniversary tickers Lilypie Kids Birthday tickers

Blap Blip Blup

Popular Posts