Frozen Embryo Transfer

Posted by asti 14.4.14
Sudah hampir 3 bulan sejak kegagalan IVF pertama, belum lagi pergi ke dokter, nggak juga nyari alternatif. No.. no.. no.. belum menyerah dooooong. Belum aja program tapi persiapan tetep kok dilakukan. Misalnya kami pindah rumah hehehehe nggak ding. eh iya ding.. pindah ke tempat yang lebih dekat dengan kantor. Harapannya, kualitas hidup meningkat, lebih punya banyak waktu untuk melakukan ini itu, syukur kalo alloh kasih hamil. Itu jackpot men. Waktunya juga belum tepat, kantor juga lagi agak jumpalitan. 


Tapi setelah nimbang sana sini dan mempertimbangkan prediksi tugas kantor bakal akan lebih jumpalitan lagi, akhirnya diputuskan untuk menyegerakan tanem embrio lagi. Jadilah akhir februari lalu kami ketemu dokter kesayangan lagi. Lapor, dan minta proses Frozen Embryo Transfer.

Persiapan
Seperti biasa pak dokter sante pante, ga ngasih cerita serem-serem dan positif jadi kita juga ikutan sante dan ngga parno. Langkah awal diminta untuk cek darah yang lumayan menguras kantong. Ada ACA, waktu protrombin, gula dll, sampe 5 ampul diambilnya. Udah macem donor darah aja sis.

Alhamdulillah hasilnya baik. Begitu kata dokter, ntah baiknya beneran atau mau menghibur ya.. hehehe. Kemudian setelah diskusi akhirnya diputuskan akan melakukan natural cycle. Dimana proses FET ini tanpa melibatkan obat-obatan untuk persiapan dinding rahim dan telur-telurnya. Diikuti perkembangan badannya aja. Tapi efeknya akan dilakukan tes darah serial untuk estradiol (E2) dan LH ples USG tentunya.

Begini timeline prosesnya…
Picture1
Kalau dilihat di atas, yang jadi fokus pertama adalah tebal dinding rahim, once di atas 8 artinya dia siap. Kemudian hormon LH nya, mesti di cek tiap hari karena mau cari level tertinggi LH nya, yang mana itu adalah saat masa subur. Dari situ bisa dihitung kapan waktu untuk embryo transfer.
Berdasarkan tes darah yang sudah dilakukan kira-kira puncak masa subur ada di hari Minggu, 16 Maret (terlihat dari level LH mencapai peak), dan diperkirakan minggu malam-senin pagi sudah terjadi pecah telur. Dari hari senin itu, dihitung usia embrio, caranya gini misal waktu IVF #1 dari OPU ke tanem embrio selang 3 hari maka kira-kira waktu embrio transfer kali ini juga sekitar 3 hari dari tanggal pecah telur. Jadi karena perkiraan pecah telur di hari senin, maka embrio transfer dilakukan di hari jumat.

Frozen Embryo Transfer
Hari jumat pagi jam 8 lewat dikit udah duduk manis di RS Bunda lantai 4 ditemani MI dan sebotol besar air putih. Siap jadi sapi gelonggongan deh karena sekali lagi ketika embrio transfer akan dilakukan dengan kandung kemih yang penuh luar biasa. Tapi udah pengalaman, minumnya kali ini sante sambil nunggu giliran. Kalo udah ga tahan sante.. pipis dulu terus minum lagi.

Waktu ketemu embryologist diterangin dari 2 embrio yang di thawing 1 kualitasnya 100% dan 1 agak turun dikit sekitar 90% karena ada kerusakan sedikit.Yupemang tidak dijamin kalo embrio yang dibekukan lalu di cairkan (thawing) bisa 100%. Selalu ada kemungkinan untuk penurunan kualitas karena perubahan suhu yang ekstrim.


Balik lagi ke proses FET, alhamdulillah pas blom kebelet pipis banget udah dipanggil keruang pemeriksaan. Udah khawatir disuruh balik minum pas di USG tapi malah udah OK. Didalem ruang tindakan udah ada dokter irham dan dokter caroline yang bantuin dokter irham USG. Bismillah prosespun dimulai. Banyak doa..
FET

can you spot my lil embryos ?

Setelahnya tiduran kurang lebih sejam. Sempet kebelet pipis pake banget, kali ini gw bertekad untuk nggak turun pipis ke kamar mandi, jadi manggil suster buat pipis di pispot. Alhamdulillah pipis lancar (apaaaa sih) Lega… kelar pipis lanjutin tiduran.
Kelar tiduran kita pulang, eh bayar dulu ding. Pulang membawa bekal obat pengencer darah ascardia, folic acid, penguat kandungan utrogestan sama crinone disertai dengan surat izin dari dokter untuk bedrest ples formulir untuk tes Beta HCG tanggal 3 April.
2 Weeks of Waiting
Nggak seberat IVF#1 karena nggak pake begah atau kembung, nyeri juga nggak ada. Jadi berasa sante, tapi ini yang gw khawatirin, takut lupa terus jadi pecicilan kesana kemari. Padahal udah janji mo sante pante di atas bed. Dokter sendiri sante luar biasa, bolehin masuk kantor malah. Tapi mempertimbangkan seringnya meeting pindah gedung dan kehectican yang lumayan akhirnya bertekad mau stay dirumah aja. godaan lunch keluar besar sekali pemirsa dan ga enak nolak kan kalo diminta meeting.
Tantangannya tinggal stay positive, persiapkan mental akan apapun yang jadi keputusan alloh. Easily said, i knooooooow.. at least diusahakan lah.
The Result
bersambung…

4 Responses to Frozen Embryo Transfer

  1. yeaay..seneng sama semangatnya mba asti :))

     
  2. asti Says:
  3. yaaaaay thanks ninta..

     
  4. Desi Says:
  5. Hai Astii... nanya doong.. selama proses menuju FET ini pantangan spt no teh, kopi, dll itu berlaku juga? Gw lupa nanya ke dr. Irham hehe..
    Btw gw pun lagi menuju FET niy, doakan berhasil seperti dirimu yaah... Lancar2 hamilnyaa :)

     
  6. asti Says:
  7. Hai Desi.. good luck ya FET nya..
    gw sih brenti ngopinya sih tapi ngeteh masih. Tapi gw pernah tanya dr irham dia mah sante apa aja boleh. Yang penting hepi katanya..
    Selalu hepi ya dear.. banyak2in nonton yang lucu-lucu.

     

Post a Comment

Tick.. Tack..

Daisypath Anniversary tickers Lilypie Kids Birthday tickers

Blap Blip Blup

Popular Posts