Ovum Pick Up IVF (Day 11-13)

Posted by asti 20.11.13
Here comes the big day.. ovum pick up (OPU). Deg degan dan nervous udah dari semalem.

7 November 2013 (Haid Hari ke 12)
Sejak jam 12 malem diminta puasa makan minum, jadilah dateng ke RS Bunda dengan perut keroncongan. Oiya tindakannya dilakukan di RS Bunda Lantai 4 nggak di Morula karena mungkin Morula nggak punya ruang standar operasi ya. Balik lagi, nyampe di Lantai 4 RS Bunda jam 8 karena mesti sampe paling telah 1 jam sebelum OPU jam 9.30. Sedikit kecepetan tapi nggak papa lah sante. 

Eh taunya nyerahin buku merah ke resepsionis dan nggak lama dipanggil masuk keruangan operasi. Untung MI boleh ikut masuk. Didalem diminta ganti kimono dan penutup kepala, MI juga mesti pake baju ijo ala rumah sakit. Setelah itu diminta tidur di bilik persiapan operasi. Suster dateng buat pasang infus, eh bukan infus sih tapi itu loh semacem keran plastik di tangan buat infus. Alaihiiiiim pertama kali bok dalam hidup gw pasang begituan aw atiiit sampe meringis bok kata suster pembuluh vena gw tipis jadi rasa susah. Tahu gitu sebelum OPU gw banyakin ngucek baju sama nyapu ngepel ya atau sekalian push up hehehe. 

Setelah itu tiba giliran gw buat masuk ruang operasi. Sendiri, jalan kaki masuk ruang operasi. Dingin bok. Terus tiduran dibawah lampu-lampu terang. Disapa sama dokter irham "Hai Ti.. apa kabar.." tapi gw ga liat dia disebelah mana hehehe "good dok, apa kabar...". Belum sempet dijawab sama dokter irham, terus diajakin ngobrol sama suster untuk konfirmasi data terus sama dokter Nita, dokter anastesi, nanyain berat badan. Terus asisten dokter nita pasang rekam jantung terus suntik bius di tangan sambil bilang "kalo ngantuk tidur aja ya bu".. dan hilang lah gw nyenyaaaaak tidur. Alhasil nggak ngerti apa-apa deh selama di ruang operasi. Tau-tau bangun hampir lewat 2 jam setelahnya di ruang pemulihan. Ada MI disebelah gw manggil-manggil, gw masih fly hehehe.. 

Ternyata menurut MI gw lumayan lama didalem, sampe sempet khawatir dia secara pasien sebelum gw lumayan cepet cuman 20 menit di ruang operasi, 30 menit di ruang pemulihan terus udah bisa balik ngantor dia, sungguh jagoan sekali. Sedangkan gw hampir sejam diruang operasi, lama pula sadarnya... hihihihi kasian MI khawatir sendirian.. mungkin karena hari itu berhasil dipanen 15 oocyte ya jadi lama, alhamdulillah banyak oocyte nya harapannya lebih banyak pilihan ya.  

Setelah sadar, alhamdulillah berjalan lancar, nggak pusing-pusing dan mual. Sekitar jam 3 sore, setelah makan, suster bilang gw udah boleh pulang dengan dibekali pereda rasa nyeri kalo perlu sama antibiotik. Oiya gw juga dikasih surat istirahat buat 2 hari. 

Hari itu oocyte yang berhasil di lab mulai diproses ICSI. Intracytoplasmic Sperm Injection (ICSI) ini mudahnya adalah proses dimana 1 sperma yang sudah terpilih disuntikkan langsung kedalam oocyte sehingga diharapkan nantinya akan berkembang menjadi embrio. Gambarannya :



Malam itu ada flek sedikit yang wajar karena pengambilan telur tentunya ada timbul bekas luka suntikannya ya sama nyeri sedikit diperut bawah baik kiri maupun kanan. Tapi masih tolerable kok jadi gw putuskan malam itu nggak perlu makan obat pereda rasa sakit. 

8 November 2013 (Haid Hari ke 13) 
Nggak pergi kemana-mana, masih nyeri di perut bawah. Lebih sedikit sakit ketimbang kemaren, mungkin biusnya udah ilang total ya. Akhirnya diputuskan minum pereda rasa sakit. Hari ini juga masih flek sedikit, sore sampai malam kembung hebat sampe lingkar perut nambah 5-8 cm. Ulu hati juga sedikit keteken, mungkin karena lambungnya penuh gas kali ya. Berusaha tenang tapi tetep aware sama kemungkinan muncul OHSS. 

Malem itu dapet SMS dari Suster Diana kalo sudah dijadwalkan untuk embrio transfer di hari minggu, 10 November 2013 jam 1 siang. Yasalaaaaaam cepet amaaaat, padahal gw baru memperkirakan hari selasa. Tetep positif thinking semoga ini pertanda baik karena semua dilancarkan. Amiiiin amiiin amiiin. 

Selain itu suster Diana juga info dari 15 oocyte, 13 yang di ICSI (karena 2 abnormal) dan 12 berhasil fertilisasi. Ini yang akan terus dipantau pembelahannya di laboratorium sampai dengan proses embrio transfer 2 hari lagi. Nggak ada yang bisa dilakukan sih..sepenuhnya udah jadi kuasa Alloh.

9 November 2013 (Haid Hari Ke 14)
Masih flek juga cuman sudah banyak berkurang. Masih kembung luar biasa terutama sore-malem, cuman udah mulai kebiasa kali ya jadi dibawa sante, dinikmati hehehe jadi tidur bisa lebih nyenyak sedikit meski kurang nyaman.

Besok adalah saat embrio transfer. Excited.. nggak takut karena tau prosesnya mostly seperti insem or at least udah nggak pake bius biusan atau jarum-jaruman lagi.

Persiapan buat embrio transfer besok? nggak ada yang khusus, banyak doa terus dan beberes rumah hehe karena habis ET tentunya mesti bedrest dan mesti tahan sama rumah debuan, berantakan dan cucian menggunung. 

... to be continued ...

0 Responses to Ovum Pick Up IVF (Day 11-13)

Post a Comment

Tick.. Tack..

Daisypath Anniversary tickers Lilypie Kids Birthday tickers

Blap Blip Blup

Popular Posts