Persiapan IVF (Day 1 - 7)

Posted by asti 18.11.13
Terakhir cerita tentang inseminasi disini sudah beberapa bulan yang lalu. Sepertinya belum dibikin ya lanjutan ceritanya. Pemalas deh. Hm udah lupa juga ya ceritanya gimana tapi ending inseminasi #2 belum berhasil. Nggak kapok, waktu itu aku lanjutin untuk ambil inseminasi #3 next cycle dan belum berhasil.. lagi. Belum kapok juga hajar next cycle dan.. terpaksa berhenti sampe disuntik pemecah telur aja. Ini disebabkan karena perkembangannya mleset dari perhitungan, syarat minimal telur nggak tercapai dengan jatah suntikan biasanya, jadi mesti ditambah suntikannya lagi. Akhirnya based on perkembangan telur itu, insemnya jatuh di hari pertama puasa. Diputuskan untuk nggak diterusin proses insemnya, ibadah dulu aja ya.. stimulasi yang telah dilakukan dilanjutkan secara alamiah. Dan cycle itu belum berhasil lagi.

Setelah itu masuk lebaran, sibuk ini itu (yeah apa lagi kalo bukan urusan kantor gw dan MI tercintah..) akhirnya baru nemu timing yang tepat untuk memutuskan lanjut program ke dokter.

Lalu mau apa sekarang?

Diskusi panjang dan persiapan tentang alternative scenario sudah dipersiapkan dari tahun lalu malah. Persiapan mental gw sama MI, persiapan pengetahuan yang makin matang sebisanya via baca buku, browsing, ikut seminar ples tanya-tanya ke yang pengalaman, persiapan financial tentunya (thanks buat Mbak Titis dari QM Financial yang bantu make it happen dalam jangka waktu yang tidak terduga), sampe pada titik insya alloh makin mantab kalo sampai akhirnya dokter kasih lampu hijau kami ngejalanin IVF a.k.a bayi tabung.

Dan saat itupun tiba. Here goes the journey of IVF.. bismillah...

28 Oktober 2013 (Hari 2 Haid)
Sore hari konsultasi ke dokter irham tentang program selanjutnya, sambil doi cek-cek buku merah malah nanya "mau apa kita sekarang?", gw jawab "terserah aja sih dok.." long pause.. karena dia masih buka-buka med record gw, then..."kalau IVF belum waktunya ya dok?", "hayuk aja". 

Laaaah ditantangin begini malah keringet dingin. Entah karena excited atau karena ciut hati. Apalagi dia terus bilang "injeksi mulai malem ini ya". Panik lah gw sama MI. 

"Wait wait wait dok...timeline programnya gimana ya?", ketawa doi liat gw panik. Dimulailah pembicaraan timeline program. Karena meski nggak dilarang larang sama dokter, rasanya kurang lebih 2 - 3 minggu kedepan lebih baik stay di Jakarta dan dalam kondisi yang sante pante ya. Setelah itu dilanjutkan diskusi tentang prosedurnya, mulai a to z dan konfirmasi beberapa hal, alhamdulillah masih on track dengan apa yang kita udah pelajarin sebelumnya. Dr Irham cuman bilang "good, kita cek dulu ya". Masih tegang hohoho.

Hasil USG Trans-V baik, kondisi kandungan baik, telur kiri kanan total 11, siap untuk program, gitu sih dokter irham bilang. Hari itu diresepin asam folat, dan diminta untuk mulai persiapan dengan injeksi Gonal F dan akan dilakukan berturut-turut selama 4 hari kedepan masing-masing dgn dosis 225. Untuk MI diresepin vitamin-vitamin yang mesti diminum setiap hari, obatnya sendiri juga nggak beda sama resep terakhir.

A big decission has been made, no point return... just do whatever to do.

Pas lagi di kasir, alhamdulillah lagi ada program 1000 Senyum Bayi Tabung di Morula IVF, jadi ada diskon harga obat yang sudah dipaketin. Menurut dokter atau suster disana, nggak ada perbedaan kok dari sisi prosedur atau pelayanan. Bisa lebih murah karena ada kerjasama antara Morula dengan perusahaan obat. Lumayan lah.

Yang harus dibayar pertama adalah joining fee dan paket obat yang kita akan dapet segabrukan sepert ini penampakannya :


Pas kelar bayar, berasa udah macem beli tas Balenciaga deh mahalnya. Cuman ini pulang bawa selembar slip merah bukti titip obat. 

1 November 2013 (Hari 6 Haid)
Sesuai yang dijadwalkan dokter irham, setelah 4 kali injeksi Gonal F, pagi sekitar jam 8 gw ambil darah untuk tes estradiol (E2) dan sorenya hasilnya udah jadi sekalian cek cek bebi cek lagi perkembangan telurs ke dokter lagi. 

Alhamdulillah ada beberapa telur yang berkembang baik meski dari sisi ukuran terbesar masih 12mm. Artinya here goes another injection of Gonal F dengan dosis sama dan penambahan injeksi cetrotide untuk 3 hari ke depan. Cetrotide ini merupakan injeksi untuk menahan hormon LH yang bekerja melepaskan telur. Jadi kalo kita lagi dirangsang hormon FSH nya dengan Gonal F untuk membantu pematangan telur, biasanya diikuti dengan peningkatan hormon LH nah sayang kan kalo telur belum capai gede minimal tapi udah lepas. Nah dibutuhkanlah suntikan cetrotide ini biar dia stay. Begitu kira-kira ceritanya.

Sementara keluhan berarti sih nggak ada tapi sejak dapet suntikan gonal ini jadi berasa moody, gampang capek sama mual kadang-kadang, entah karena asam lambung gw atau ngaruh dari suntikan ya. Tapi dokter irham emang bilang karena stimulasi hormon itu gejalanya emang macem hamil muda, sempet becandain MI dia "awas jangan deket-deket macan loh kamu" hehehehe. Selain itu dia juga mengkhawatirkan gw over stimulasi karena jumlah telur yang cenderung banyak ini (istilah bekennya Ovarian Hyperstimulation Syndrom/OHSS), jadi gw disarankan untuk banyak makan protein dari putih telur yang kalo bisa sehari 6 biji dan susu L Men. Yep susu yang diminum para pria yang rajin fitness untuk bentuk otot. Hehehehe udah khawatir kalo tiba-tiba gw berkokok gegara makan telur kebanyakan atau tumbuh jakun tapi kata dokter sih aman kok secara LMen isinya protein aja jadi aman. 

Sedikit yang gw tahu tentang ovarian hyperstimulation sindrome yang mesti diwaspadai bisa dilihat disini.  

Mudah-mudahan aman-aman aja ya nggak sampe OHSS. 

..to be continued.. 

"Nggak mudah untuk memutuskan untuk cerita perjalanan IVF kami disini, terlalu personal rasanya. Udah satu minggu lebih aja tulisan ini ngendon di draft, tapi akhirnya dengan pertimbangan bahwa gw secara pribadi banyak sekali tersemangati dan belajar lewat blogwalking, dengan niat sharing dan menyemangati siapapun teman-teman yang sedang ngalamin perjalanan yang sama serta tentunya mengharapkan support doa juga dari siapapun yang baca, akhirnya gw putuskan untuk publish. Doakan kami ya.."

1 Response to Persiapan IVF (Day 1 - 7)

  1. si ona Says:
  2. ya allah.. semoga ya allah.. amiiinn amiiiiiiiiiinnn

     

Post a Comment

Tick.. Tack..

Daisypath Anniversary tickers Lilypie Kids Birthday tickers

Blap Blip Blup

Popular Posts