Embryo Transfer IVF (Day 14)

Posted by asti 21.11.13
10 November 2013 (Haid Hari Ke 15)
Sesuai instruksi hari minggu 10 November 2013 jam 11 udah nongkrong lagi di RS Bunda lantai 4, bawa air putih minimal 600ml dan datang tanpa parfume. Kali ini nggak puasa, jadi sebelum kesana gw sempetin bawa bekel burger king in case molor dan lewat jam makan siang. 

Jam 1 lewat sedikit ternyata dokternya masih dalam perjalanan dari bandara, baru balik dari singapore doi. Jadi tampaknya akan telat deh ET nya. Gak papa sante nunggu sambil makan burger. Sampe akhirnya dipanggil sama mbak fitria, lab assistant yang akan jelasin perkembangan embrios. 


diambil dari sini

Didalem ruangan konsultasi dijelasin from a to z apa itu oocyte, yang bagus gimana, proses ICSI, gimana perkembangan embrio sampai proses pembekuan embrio. Kesempatan niy buat nanya-nanya, baik sekali dia, sabar jawab semua pertanyaan sampe kita puas. Kalo semua jelas kitanya jadi makin tenang. 

Tibalah sampai ke hasil perkembangan embrio gw dan MI. Setelah 3 hari dari 12 embrio yang terfertilisasi, ada 6 embrio yang bagus, 1 embrio excellent dan 5 embrio good. Dari 6 embrio itu direkomendasikan untuk ditanam 2 embrios 1 excellent dan 1 good, sisanya disimpan untuk dibekukan. 

Dibekukan disini maksudnya embrio itu akan dibekukan dan disimpan di laboratorium sehingga just in case nggak berhasil program yang ini bisa dilakukan penanaman embrio langsung tampa melalui tahapan OPU lagi. Atau kalo andaikata program berhasil (which is semoga yang ini ya yang terjadi) bisa juga dipake untuk adiknya nanti. Pembekuan ini juga bukannya tanpa resiko, menurut mbak asisten lab, ada resiko sekitar 5% embrio mengalami kerusakan karena proses perubahan suhu ekstrim karena pembekuan dan pencairan (thawing) embrio.  

Happy sama hasilnya, alhamdulillah nggak lost hope sampe proses ini. 

Embrio-embrio yang ditanam dan yang di freeze

Akhirnya dateng juga dokter irham, habislah gw macem sapi glonggongan minum air banyak-banyak buat ngisi penuh kandung kemih. Karena kalo nggak penuh nggak bisa keliatan di USG kateter yang dimasukin nanti. Kalo ga lolos screening USG perut untuk lihat seberapa penuh kandung kemih kita, mesti keluar ruang operasi buat minum lagi. Saya salah satunya hehehehe susah bok minum air putih banyak bok, ga terlalu suka sih. Keduluan deh sama pasien yang lain dan jadi pasien terakhir yang dikerjain. 

Sampe akhirnya berhasil memenuhi syarat kandung kemih penuh, dimulailah proses ET. Proses ET sendiri nggak berjalan lama, sekitar 10 menit saja, mirip sama inseminasi, ga dibius dan ga sakit. Gw ngalamin magic moment saat dokter irham bilang "doa ya" terus liat di layar USG ada 2 titik yang berenang keluar dari ujung kateter. Subhanallah... titik itu bisa aja berkembang jadi punya tangan, kaki, kepala. Subhanallah.. subhanallah.. subhanallah... berkaca-kaca...

Setelahnya mesti stay 1 jam di tempat tidur ga boleh turun. Kalopun kebelet pipis disediain pot buat pipis di kasur. Meski udah nahan pipis dari tadi, begitu denger pipis di kasur udah ilang aja gitu kepengenan pipisnya. Begitu diabain udah boleh pulang, langsung ngacir pipis ke kamar mandi legaaaa bukan main. 

Pulang dibekelin obat penguat kandungan Crinone yang mesti dimasukkan via miss V dan Utrogestan 100 2 kali sehari, folic acid dan obat pengencer darah ascardia 80 masing masing sekali sehari serta 2 lembar kertas berisi the Dos and the Donts setelah ET ples surat istirahat untuk bedrest 6 hari kedepan. Nggak ada yang dirasain selain masih tetep bloated, tapi nggak terlalu masalah rasanya dinikmati aja setiap proses dan yang dirasain. 

Beberapa hal yang nggak boleh dilakukan setelah embrio transfer antara lain ga boleh pake minyak kayu putih atau kompres air hangat di perut, no caffein including tea dan ga boleh olah raga yang berat-berat termasuk berenang. Ga banyak juga kan.. Kopi aja ya yg rada berat hihihi tapi rela kok cium wanginya aja.

Sekarang tinggal siap-siap menikmati bedrest ditemani TV, hallooooo ayu ting-ting, enji, dewi persik, andi soraya... Kita akan berteman akrab ya 6 hari kedepan. 

Alhamdulillah good news selama bedrest nggak bakal kesepian dan nggak terlalu khawatir gagal menahan godaan tangan gatel pengen beberes. MI is a very hands on husband, siap siaga ambil cuti seminggu untuk nemenin, nyiapin makan, cuci piring, cuci baju, ke laundry, nyapu, ngepel. I feel so lucky to have him. I Love You Pi.. Hope that I could give you the bestest gift ever. 

Terima rapot masih 15 hari lagi, nothing can do..  
Please do pray for me friends.. setelah ini hanya kehendak Alloh yang terjadi, al-fatihah...

...to be continued ...

1 Response to Embryo Transfer IVF (Day 14)

  1. si ona Says:
  2. ya allah ya allah ya allah,,, semoga ya.. aminn amiin amiinn

     

Post a Comment

Tick.. Tack..

Daisypath Anniversary tickers Lilypie Kids Birthday tickers

Blap Blip Blup

Popular Posts