Peralatan Penting MPASI

Posted by asti 11.6.15
Menjelang El MPASI kok ya kebetulan sekali suasana di kantor lagi hectic berat. Meeting sana sini termasuk luar kota pun dijalani. Alhasil El pun diseret ikut juga sih, naik mobil, kereta bahkan pesawat. I know mungkin ada beberapa ibu yang berpikir seharusnya El ditinggal aja di rumah. Tapi gw punya penilaian gw sendiri, meski agak repot dan lelah karena mesti packing, bawa-bawa bayi kesana kemari tapi paling nggak selama beberapa hari bisa lebih sering ngeliat El dan nenenin langsung. Disela sela meeting bisa colongan pumping dan nenen ples maen sedikit, lumayan banget kan. Diiringi doa tentunya mudah-mudahan El senantiasa sehat dan bahagia..
Akhirnya persiapan MPASI pun dilakukan seefisien mungkin, browsingnya pun dilakukan disela-sela pumping atau sebelum tidur. Gw dan MI pun menyempatkan ambil kelas parenting yang khusus bahas tentang MPASI. Jadi paling nggak ketika akan ambil keputusan metode apa yang akan kita terapkan nggak buta-buta banget lah.
Untuk peralatan tempur per MPASI an, gw nyiapin :
Panci kecil stainless steel : Panci ini digunakan untuk masak bubur, rebus dll. Gw kebetulan beli ukuran sedang, merek seagul. Masih kegedean menurut gw karena ternyata ada yang ukuran lebih kecil lagi, lebih enak kalau untuk bikin bubur untuk sekali makan.Menurut gw ya.. kalau udah punya better pakai yang udah ada, pastikan kondisi masih bagus, cuci bersih, kalau perlu di steril dan voila.. lebih hemat.
Sodet kayu : Untuk aduk aduk bubur
Panci kukusan stainless steel : ini penting karena masih lebih bagus mengukus daripada merebus. Paling nggak bisa preserve vitamin dan mineral lebih baik. Ukurannya pilih yang sedang saja, terutama kalau berniat nggak tiap hari masak, jadi bisa ngukus beberapa bahan makanan sekaligus untuk beberapa hari kedepan. Again karena panci stainless harganya nggak begitu murah, kalau sudah punya dipakai aja.
Talenan dan pisau : gw nggak beli, pakai yang udah ada aja, tapi nanti kalau El udah mulai makan protein daging baru gw beli talenan yang beda. Kenapa pisah? khawatir nyucinya kurang bersih jadi bisa saling mengkotaminasi.
Blender : menurut gw ini disesuaikan dengan budget aja, kalau ada budget bisa beli hand blender, yang mana memang lebih enak untuk menghaluskan makanan dalam jumlah sedikit. Kalau nggak ada budget ya pakai aja yang sudah ada aja, toh kalau kebanyakan bisa disimpan di freezer untuk makan beberapa hari kedepan. Gw punya juga bukan merek yang mahal, gw pakai Oxone yang dari segi harga lebih murah dibanding phillips.
Piring dan sendok : karena El sehari-hari akan makan di daycare maka gw perlu beli 2 pasang, 1 untuk ditinggal di daycare dan 1 untuk dirumah.
Gelas : El pakai doidy cup dan mag mag dari pigeon.
Baby cubes : ini penting untuk simpen puree. Sekali masak terus dibekukan ke freezer untuk beberapa kali makan. So far gw masih bisa batesin sekali masak untuk 2-3 hari ke depan.
Takahi slow cooker : nah yang ini kayaknya must have item banget deh. Gw beli yang 1,2 liter dengan pertimbangan udah ada otomatisnya dan nggak terlalu kecil sehingga kalau nanti udah nggak kepake buat MPASI bisa dipake buat yang laen-laen. Gw sendiri sampai sekarang praktis belum pakai slow cooker karena el masih makan puree serealia, buah dan sayur. Mungkin baru kepake waktu El masuk 7 bulan.
Slabber plastik : beli yang bahan plastik dan gede. Ini penting karena.. buat jagain baju nggak kena noda makanan dan capek nyucinya. Mau nyiprat kemana mana nggak pusing karena tinggal di lap aja beres.
Highchair :  Nah yang ini kado, alhamdulillah rejeki anak sholeh.. dengan niat mendisiplinkan El duduk dimeja ketika makan high chair menjadi penting untuk dipunya.
IMG_2634
udah duduk lupa berdiri ya El..
Rasanya dari list di atas cukup efisien ya karena so far selain takahi semuanya sudah kepakai setiap harinya jadi nggak mubadzir. Bismillah semoga semuanya lancarrrrr jayaaa..

0 Responses to Peralatan Penting MPASI

Post a Comment

Tick.. Tack..

Daisypath Anniversary tickers Lilypie Kids Birthday tickers

Blap Blip Blup

Popular Posts