Holy Day

Posted by asti 21.4.12
Gw lagi nunggu penerbangan lanjutan dari abu dhabi ke jakarta, sepulang dari perjalanan yang nggak gw duga bikin gw ngerasain nano nano. Belum juga 1 hari gw udah ngerasain kangen sama rutinitas gw hampir 8 hari terakhir.

Balik ke hampir setahun yang lalu, pas gw baruuu aja ngerencanain liburan, dateng 1 tawaran untuk umroh dari salah satu temen di kantor. Gw sama MI waktu itu belum ada rencana buat umroh, malah baru aja bikin komitmen buat mulai set up dana haji yang ga ketauan juga kapan terealisasi. Ketika dapet tawaran untuk umroh, out of nowhere, dengan biaya yang amazingly dibawah rata-rata, jadi ngerasa malu kalo sampe nggak ambil tawaran ini. Secara booking tiket liburan bisa dilakuin spontan banget masa iya buat ibadah, dengan proses yang murah dan dimudahin masih juga pikir pikir. Merem aja gw DP dengan tabungan seada adanya dan nyerahin ke travel yang waktu itu gw juga blom tahu persis kredibilitasnya. Bismillah..niat dilurusin, ikhlas apapun yang bakal terjadi.

8 hari yang lalu gw berangkat ke bandara bawa koper yang isinya baju ihrom, alquran, baju baju panjang, mukena, tanpa gadget, tanpa buku bacaan lain selain buku doa dan tuntunan sholat. Di taksi semacam baru bener bener nyadar mo pergi kemana, liat liatan sama MI masih berasa ga percaya bakal pergi ke rumah alloh. Dan seketika mulai ngerasa deg degan bangeeeeeet.

Hari pertama, ngeliat kabah, dan bengong, ga inget doa panjang2 yang udah berusaha diapalin. Ngerasa merinding ngeliat begitu banyak orang bareng-bareng tawaf, begitu banyak orang menangis disamping kabah. Terkagum-kagum sama banyak orang yang secara fisik ga lagi muda, tapi subhanallah masih semangat buat sa’i. Gw…masih berusaha adjust sama apa yang gw liat, panasnya cuaca, meredam emosi ketika senggol senggolan sama orang dari seluruh dunia. Sembari terus dzikir dan ga mikirin betapa berat ibadah ini. Alahamdulillah Ada MI disamping gw yang nyemangatin terus buat ngelangkah, tetep dzikir dan inget alloh tanpa mikir betapa kesel nya gw ato ngerasa panasnya cuaca dan megang gw supaya ga kebawa arus keluar dari rombongan. Alhamdulillah semua ritual umroh pertama selesai dengan lancar.

Kali kedua gw dateng lagi ke masjidil haram, untuk shalat ashar. Lagi gw liat kabah, tiba tiba merinding dan gw ngerasa haru. Ga tau kenapa. Begitupun ketika besoknya gw ngelakuin tawaf sunah. Perasaan yang sama gw rasain, Gw ga bisa bendung air mata gw. Berkilatan dipikiran gw betapa gw banyak nyia nyiain nikmat yg udah dikasih sama alloh, betapa baik nya alloh ke gw. Semua perasaan di luar ekspektasi gw. Seketika gw ngerasa kecil. Mungkin gw mulai menyadari keberadaan gw di sana. Ntah gimana tiba tiba gw punya keberanian buat mendekat ke makan nabi ibrahim, masuk ke hijir ismail dan endingnya mencoba mengadu peruntungan ke hajar aswad. Sebelumnya gw ngeliat betapa crowdednya manusia di lingkaran yang makin dekat ke kabah bikin gw ga ambisi buat mendekat. Subhanallah alhamdulillah diberi dorongan kekuatan dan kemudahan meski ga berhasil ya doa di hajar aswad..

Perjalanan dilanjutkan ke madinah, meski ga ada ritual ibadah wajib disana yang menguras energy, bukan berarti ga sulit. Gw seperti kemakan pikiran gw sendiri yang nganggap madinah ga akan secapek mekkah, gw keliru, disini cobaan paling sulit adalah stay awake saat sholat hihihi somehow serangan kantuk jadi cobaan maha berat di rumah rasulullah ini. Selain itu masih ada Raudah yang buat perempuan terbatasnya waktu yang disediakan cukup perlu perjuangan dan kesabaran juga untuk bisa berdoa di tempat yang insya alloh mustajab ini. Di madinah ini gw juga mulai kena flu hihi mungkin gara gara gw ngebatin ya pas sekeliling gw banyak yang flu dan batuk2, See di tanah haram apa yang terucap jadi doa hihi rasakan asti… Mesti Banyak banyak istighfar.

Karena nabawi dikelilingi toko dan ada pasar dadakan, disini gw udah mulai bisa punya waktu buat liat liat sedikit. Ya meski ga banyak sih yang gw beli, hihi secara sejak awal emang ga diniatin buat belanja.

Satu yang baru gw sadari, umroh itu ibadah yang butuh fisik yang prima, ga kepikir gimana beratnya haji ya, jadi kesimpulan gw sebaiknya dilakukan disaat muda dan secepatnya. Insya allah bulat tekad dan dimudahkan sama alloh ya.. Banyak kagum sama yang sudah sangat sepuh tapi kuat untuk bolak balik hotel-masjid, tawaf bahkan sa’i, ga ada lain selain semangat tinggi yang bikin mereka nyelesaiin kewajiban umroh. Meski agak prihatin sama kondisi mereka yang sudah cukup sepuh dan mudah lelah. Insya allah pengalaman ngeliat semangat2 dari banyak orang sepuh bisa macu gw buat semangat nabung buat haji.

Umroh juga bisa bikin gw kontemplasi, evaluasi apa aja nikmat alloh yang gw sia siain, semakin bersyukur dan tobat, mudahnya semacam recharge keimanan kali ya. Sambil tentunya cek ombak kira kira kalo haji bakal seperti apa. Umroh kali ini banyak temen serombongan yg sudah pernah pergi kesana bilang ini umroh yang rame banget, tapi haji? Ini belum ada apa apanya *doeeeeng bismillah aja ya…

Alhamdulillah semua berjalan lancar dan nikmat.

Dan gw udah rindu meski baru sebentar ninggalin mekah dan madinah. Semoga bukan untuk kali yang terakhir… Aaamiiiin aaamiiiin…

2 Responses to Holy Day

  1. Nina Says:
  2. Cingkiiyh.. alhamdulillaaaah..
    Seneng yaah bisa umroh, beneran pengalaman ibadah yang ga terlupakan (gimana kalo naik haji ya?) dan nampol banget..
    Beneran yah kalo di Tanah Suci ga boleh punya pikiran jelek dan harus fokus sama ibadah. Bokap gw waktu itu sempet ngucap ga wudhu lagi pas mau sholat Ashar karena masih punya wudhu sholat Dhuhur, eh langsung lho dia kentut menjelang azan Ashar. Hehehe..
    How I wish I could go back there.. sama Doan & Adya.. Amiiin..
    Btw, semoga doa2 lo di Tanah Suci terkabul semua ya, Cingkiiyhh.. Amin.. :)

     
  3. asti Says:
  4. amiiiin ammiiiin ammiiiin
    semoga bisa balik kesana ya cingkiiiyh..

     

Post a Comment

Tick.. Tack..

Daisypath Anniversary tickers Lilypie Kids Birthday tickers

Blap Blip Blup

Popular Posts