Bepergian Bersama Bayi

Posted by asti 11.6.15
Diumurnya yang menginjak 6 bulan ini, El sudah familiar dengan 3 moda transportasi.
Yang pertama adalah mobil ya tentunya secara setiap hari naik mobil ketika berangkat dan pulang dari daycare. Yang terjauh sementara ini adalah pergi ke Tangerang, ketika harus ikut gw meeting di salah satu hotel di sana. Alhamdulillah sepanjang perjalanan anteng duduk di car seat di belakang bersama Nur, ART kesayangan yang semoga bisa terus diandalkan. Pendapatku, kalau baby terbiasa duduk di car seat akan lebih nyaman buat kita, karena kita bisa konsentrasi nyetir sepanjang perjalanan, nggak khawatir dia jungkir balik koprol di passanger seat di belakang. Baby juga mengerti, sepanjang perjalanan dia mesti tenang sampai mobil berhenti di tempat tujuan. Tantangannya, kita mesti siapin berbagai mainan yang ada dalam jangkauan dia, jadi kalau bosan dia dengan mudah bisa ambil dan mainin sendiri.
Yang kedua adalah kereta api ke Bandung di usia 3 bulan 27 hari. Sekali lagi alhamdulillah.. El jadi anak yang easy to manage. Sehingga perjalanan ke Bandung yang dilakukan hanya berdua sama Nur lancarrrr jayaaa. Di dalam kereta mostly dihabiskan El dengan tidur. Gw sama Nur hampir bisa juga ikutan istirahat tidur, sesekali aja El bangun dan haus minta nenen terus tidur lagi. OOoooh inget sekali juga ngalamin El BAB jadi agak bermanuver sedikit sih buat ngebersihin tapi semua terhandle dengan baik tanpa chaos.
IMG_2414
El goes to Bandung
Sedikit tips yang bisa gw bagi untuk bepergian bersama bayi naik kereta api adalah..
  1. pilih jadwal kereta yang sebisa mungkin di jam bayi tidur.
  2. jangan lupa untuk urus tiket infant, gratis sih tapi mesti diurus ketika kita beli tiket. Kalau lupa, masih bisa diurus ketika kita mau masuk ke pemeriksaan tiket untuk masuk peron tapi kebayang kalau kita datengnya mepet bisa agak ribet
  3. bawa selimut atau jacket, kadang kita bisa dapet gerbong yang AC nya cukup dingin.
  4. skenariokan tindakan yang harus kita lakukan ketika baby tiba-tiba BAB di perjalanan. atur perlengkapan bebersih seefisien mungkin. Kalau gw menyediakan ditas alas untuk ganti diapers, tissue basah, diapers dan celana ganti (just in case beleberan hehehehe) plastik untuk buang diapers kotor dan baju kotor.
  5. kalau baby bosan dan cranky rasanya bisa diajak jalan di sepanjang lorong kereta, tapi hati-hati ya jaga keseimbangan.
  6. gw juga selalu nyiapin botol susu isi ASIP just in case El haus dan kita sedang berada ditempat yang kurang nyaman untuk nyusuin. Beberapa kali ini terjadi ketika lagi nunggu kereta datang dan di taksi.
Yang ketiga adalah pesawat ke Surabaya. El umur 5 bulan 4 hari. Trip ini sih dilakukan karena impulsive, lagi long weekend dan Eyma kangen sama cucunya akhirnya cari tiket dan cuss we go. 1 jam perjalanan ketika berangkat dan pulang pun El anteng tidur hehehehe rejeki anak sholeh. Tadinya udah sedia ear muff just in case El nggak mau nenen, ternyata pas take off dan landing El mau nenen dan lanjut tidur, sempet deg degan aja rewel karena sakit telinga, alhamdulillah kekhawatiran itu juga tidak terjadi.
IMG_2576
El’s first flight to Surabaya
Di Surabaya El bisa ketemua sama mbak dan mas sepupu dari 1 buyut, The Samadikoens. Happy.. nongkrong bareng mbak Dini dan mas Arya. Sampai ketemu insya alloh pas lebaran ya..
IMG_2568
El with Mbak Dini and Mas Arya, cousins

Nggak berselang dari trip ke Surabaya ternyata El mesti pergi lagi, ikut mama dinas ke Jogja dan ke Bali (El 5 bulan 25 hari). I know.. sedikit riskan sebetulnya. Dokter anak El juga udah agak melotot sih, seharusnya sekali sebulan terbang untuk bayi seumur El itu juga udah kebanyakan. Agak dilema, tapi bismillah mudah2an El sehat selalu. Habis ini udahan kok nggak pergi-pergi lagi sampai nanti lebaran. Penerbangan ke Jogja dan Bali alhamdulillah juga lancar, El apalagi kalau nggak tidur sepanjang perjalanan. Hanya saja untuk penerbangan ke Bali karena lebih lama, El sempet bangun dan mulai bosan, tapi masih batas wajar, bisa dialihkan dengan dikasih mainan.
IMG_2681
El pertama kali main pasir pantai
Tipsnya apa ya yang beda untuk perjalanan dengan pesawat.. hm.. kalau gw sebelum take off gw selalu pastiin El bersih diapersnya dan kenyang, karena rada ribet kalau mesti ganti diapers di pesawat ya, sempit bok tempatnya. Yang sedikit challenging tentu saja kalau baby udah bosan, mesti siap sedia kreativitas untuk alihkan perhatian, karena nggak seleluasa di kereta kita bisa ajak jalan jalan sepanjang aisle.
Mudah-mudahan El selalu senang di perjalanan apapun dan dikaruniai rizki alloh bisa melihat banyak hal di penjuru dunia yang berbeda ya..

0 Responses to Bepergian Bersama Bayi

Post a Comment

Tick.. Tack..

Daisypath Anniversary tickers Lilypie Kids Birthday tickers

Blap Blip Blup

Popular Posts