HSG

Posted by asti 28.1.11

Apa itu Hysterosalpingography? Kalo menurut wikipedia:
Hysterosalpingography (HSG) is a radiologic procedure to investigate the shape of the uterine cavity and the shape and patency of the fallopian tubes. It entails the injection of a radio-opaque material into the cervical canal and usually fluoroscopy with image intensification. A normal result shows the filling of the uterine cavity and the bilateral filling of the fallopian tube with the injection material. To demonstrate tubal rupture spillage of the material into the peritoneal cavity needs to be observed.
Mudahnya HSG ini sejenis foto x-ray yang dilakukan untuk ngelihat apakah tuba falopi paten (maksudnya saluran telur kita tersumbat atau tidak) dan mengetahui apakah bentuknya normal atau tidak. Cara pengambilan fotonya dengan memasukkan cairan ke tuba falopi melalui miss vijayjay untuk kemudian difoto. Sakitkah?
Relatif, gw sendiri terus terang sampai saat ini belum pernah. Pertama kali gw diminta untuk HSG sama ObGyn sakses ngacir ga nerusin program hehehe. Dari hasil browsing dan survey kecil-kecilan beberapa orang kenalan yg sudah pernah HSG bilang nggak terlalu sakit, katanya rasanya cuman kurang nyaman kayak hari-hari pertama mens. Yang bilang itu sakit luar biasa hanya beberapa orang saja. Toh kalaupun kita nggak tahan rasa sakit, dokter akan nyaranin buat minum pil penahan rasa sakit beberapa saat sebelum tindakan HSG dilakukan.
Setelah beberapa kali ketemu dr Ivan, gw belum juga disuruh HSG, gw penasaran. Secara beberapa temen yang lagi program kebanyakan udah diminta buat tes ini. Akhirnya kemaren iseng gw tanya kenapa dia belum juga nyuruh gw HSG.
Menurut beliau, dengan pertimbangan usia gw yg masih muda (ceileeee), dan gw terhitung masih di awal-awal tahun pernikahan, terus ngelihat siklus gw yang meskipun berantakan tapi teratur, dan dari cerita-cerita gw dia masih belum ngelihat tanda-tanda yang menyimpang, rasanya belum terlalu perlu untuk secepatnya ngelakuin tes-tes yang ribet. “Lagian kalau semua pasien saat awal udah saya minta HSG kabur semua hehehe” (yes he literally said that hihi). Dan diakhir penjelasannya he asked “if it is okay with you ya..”, “sure doc, I trust you” yaeyalah mau percaya sama siapa lagi gue.
Sementara gw cukup puas dengan jawaban itu, toh there is still an option for me to ask him for the test. Kalau-kalau suatu hari gw ngerasa perlu untuk diyakinkan kalau semua okay gw toh bisa minta. Gw nya sendiri juga rasanya sudah cukup yakin bisa kalo harus ngejalanin test ini (duileeee sekarang aja lo ngomong Sti…ntar ya ga tau lagi hehehe).
Orait.. next steps.. harus ngejalanin beberapa tes lagi dan tentu saja berharap hasilnya okay semua.
Doakan saya ya..



1 Response to HSG

  1. Unknown Says:
  2. aku pernah HSG dan ga sakit sama skali, ga nyeri atau apapun. kalau perlu HSG, coba deh sama dr sandra di biotest klinik jl. sumatera 48 menteng. smua temen2ku yg sama dia ga ada yang bilang sakit. bahkan dr kandunganku (dr dario turk spog) juga bilang, hebat ya dr sandra, i dont know how she did it, smua pasien saya tidak ada yang mengeluh sakit

     

Post a Comment

Tick.. Tack..

Daisypath Anniversary tickers Lilypie Kids Birthday tickers

Blap Blip Blup

Popular Posts