Manajemen ASI Perah

Posted by asti 30.4.15
Satu hal yang gw browse dan suka tanya sana sini ketika udah lahiran adalah gimana jadwal merah buat stock ketika mesti kerja, jadwal merah ketika sudah masuk kerja dan gimana metode cara ngasih ASIP setiap harian. Ternyata emang artikel atau jawaban dari temen-temen beda-beda, cocok cocokan lah intinya.
Gw coba share yang gw terapkan ya.. sekali lagi mungkin ada metode yang jauh lebih baik, gw pun tetap selalu pasang kuping dan mata buat serap informasi untuk menyempurnakan metode gw.
Oh iya untuk metode simpen ASIP bisa dibaca disini.
Begini ceritanya…
Hari lahir – Sejak lahiran gw udah bawa yang namanya pompa untuk mulai mompa ASI, belum ada hasilnya tapi.. paling nggak konon katanya bisa tetep memancing peningkatan demand. Setetes demi setetes langsung dikasih sama suster di Bunda ke baby El, sebagai tambahan asupan dia. Belum ada stock karena produksi masih minim dan langsung dikasih ke baby El,
3 Minggu Awal Kelahiran – Ketika sampai rumah, gw juga tetap mompa disaat El tidur, kebetulan El tidurnya banyak banget sampe berat badan ga naik-naik jadi gw bisa mulai membangun stock. Sebelah nenen, sebelah pompa. Malem gw usahain bangun 2 kali untuk mompa. Stock terbangun lumayan tapi berat badan El masih belum naik.. (i know.. ironis.. dan dimarahin dokter yang jelas karena simpen-simpen ASI padahal.. yah sudahlah.. ). Oh iya ketika itu, sekali konsumsi El juga blom banyak masih antara 40-60 ml, sekali pompa juga gw bukan tipe yang luber-luber. Hati masih tenang karena dikulkas ada beberapa botol buat dipandang-pandang.
El 1 Bulan – 2 Bulan – El mulai mengalami peningkatan konsumsi ASI, karena udah mulai berkurang tidurnya.. sekali konsumsi bisa 80 ml dengan frekuensi yang meningkat juga. Sementara jadwal merah gw yang masih sama belum berhasil ngejar (inget ya El disaat siang sebagian besar masih pakai ASIP karena masih mau mastiin jumlah asupan ASI sesuai target). Akhirnya dititik ini stock mulai tergerus perlahan-lahan. Akhirnya bangun malam ditambah buat merah untuk ngejar pemenuhan kebutuhan El besokan harinya.. kejar tayang deh.. posisi stock : tidak banyak sekitar 10-15 botol.
El 2 Bulan sampai saat ini (El 4 bulan) – Siklus aktifitas harian El sudah mulai normal, mengalami peningkatan demand ASI yang cukup signifikan, dan gw sudah juga mulai masuk kerja. Sudah mulai 100ml per kali minum. Kalau gw tinggalin dari pagi – sore, sekitar 7 jam total ASIP sudah mulai meningkat dari semula antara 600-700ml terakhir sekarang 750-800ml bahkan pada beberapa kesempatan mencapai 900ml (mungkin pas masuk fase growth spurt ya). Karena sudah masuk kantor, di kantor gw usahain mompa 3 kali, yaitu jam 08.30, 12.00 dan jam 16.30. Karena produksi gw juga blom yang melimpah ruah banjir banjir gitu, malem gw tetep mesti bangun buat mompa. Waktu awal-awal sampai sekitar El usia 3 bulan gw bisa bangun 3 kali atau minim 2 kali lah. Tapi udah mulai masuk bulan ke 4 produksi siang alhamdulillah meningkat, jadi malem bangun 2 kali atau minim 1 kali.
Sekarang setiap hari gw mesti siapin 9-10 botol untuk diminum pagi ke sore. Kadang produksi gw juga nggak nutup kebutuhan harian El, akhirnya gw akalin, disaat Jumat, Sabtu atau Minggu gw akan berusaha memproduksi 12 botol, surplus 3 botol untuk dikonsumsi dihari Senin. Jadi sebagai gambaran, disaat Senin pagi gw punya 12 botol di kulkas. 9 botol akan kepakai untuk hari itu, sisa 3 botol akan dipakai untuk nombokin di hari Selasa, kalau ada sisa buat hari berikutnya, begitu seterusnya. Kalau lagi beruntung El akan minum kurang dari 9 botol dan sisanya tentunya bisa untuk tambah hari berikutnya. Untuk hari Selasa dan seterusnya akan diutamakan pakai tanggal yang terlama terlebih dahulu. Dengan pola demikian semua persediaan cukup disimpan di chiller.
Kadang mengalami masa-masa kelam juga sih.. ada kalanya gw mesti nurunin stock dari freezer. Tapi so far alhamdulillah perlahan-lahan nambah. Khususnya dengan ngejar ketika weekend. Pas weekend disaat El nenen langsung ke gw, pompa sebelahnya. Atau kalau El lagi gragas banget nenen kiri kanan ya nggak mompa. Malem tetep harus bangun dan biasanya ini yang bisa dinaikin ke freezer buat nambah stock.
Sampai saat ini mostly memang gw masih kasih El ASIP yang agak fresh sih (hasil pompaan hari sebelumnya, maksimal 2 hari sebelumnya), dengan harapan bisa kasih ASIP dengan kondisi terrrrbaiknya. Rencananya nanti kalau sudah ASIP yang mendekati masa expired 6 bulannya baru akan gw mixed dengan ASIP yang fresh).
Gimana kalau dinas? Sampai saat ini gw masih bawa El pergi dinas. Masih deket-deket sih, paling jauh ke Bandung. Disatu sisi saat dinas ini masa- masa yang menguntungkan untuk nambah stock ASIP, meski part packingnya males bingiiiits. Karena gw bisa nenenin El lebih sering, karena sewaktu-waktu gw bisa naik ke kamar untuk colongan mompa dan nenenin. Lumayan lah bisa naikin 2-3 botol tambahan ke freezer.
Karena gw udah kehilangan 2 bulan pertama bersama El secara maksimal, apapun tantangannya gw berusaha nikmati maksimal karena tau-tau El sekarang rasanya udah mau MPASI huwaaaaa cepet banget ya..
Semangat makan enak buat ibu menyusui di luar sanah.. kita berjuang bersama ya..

4 Responses to Manajemen ASI Perah

  1. Unknown Says:
  2. Keren y mbak..tp mbak kalo bngun mlm smp 3x, itu pas bareng nyusuin dedeny atw dluar jadwal itu bngun lg? Kayaknya ngantuk bgt y bangunnya byk bgt gt, kpn istrahatnya...

     
  3. Unknown Says:
  4. Keren usahanya mbak..pgn ky gt jg...tp tuh bgun mlm smp 3x dluar jdwal dede nyusu atw da skalian brg nenen c dede pumpingnya? Kpn istirahatnya yak?

     
  5. Unknown Says:
  6. Keren usahanya mbak..pgn ky gt jg...tp tuh bgun mlm smp 3x dluar jdwal dede nyusu atw da skalian brg nenen c dede pumpingnya? Kpn istirahatnya yak?

     
  7. asti Says:
  8. Waktu itu bangun 3 kali khusus untuk mompa. Agak zombie emang tapi insya alloh demi memenuhi kebutuhan anak semua bisa dilewati. Nggak lama kok, begitu lewat 6 bulan dan baby sudah makan sudah mulai agak ringan beban per-asi-an hehehe..

     

Post a Comment

Tick.. Tack..

Daisypath Anniversary tickers Lilypie Kids Birthday tickers

Blap Blip Blup

Popular Posts