Rencana MPASI 6 Bulan

Posted by asti 11.6.15
Setelah membaca artikel sana sini sana sini buaaaanyak banget ternyata ya aliran aliran MPASI, sampai galau mau nerapin yang mana. Untungnya dokter anak yang gw pilih kasih rekomendasi yang cukup detil tapi mudah terkait MPASI dan yang pasti logis. Beberapa prinsip yang akan gw terapkan sebagai berikut :
  1. MPASI El akan diawali dengan perkenalan serealia (beras, beras coklat, kacang hijau, oat, barley), dilanjutkan dengan perkenalan sayur lalu buah.
  2. Menerapkan 3 days rules untuk lihat reaksi alergi. Karena sementara ini El intoleran terhadap susu sapi (mudah rash dan muntah, alhamdulillah setelah gw diet dairy food El udah nggak rash dan muntah). Jadi setiap jenis makanan akan dicoba single per 3 hari baru dicampur. Gw juga nggak strict banget sih ini, misal brown rice lulus nggak ada reaksi intoleran/alergi terus pengen coba butternut squash ya gw bisa langsung campur aja.
  3. Porsi akan diawali dengan 2-3 sendok makan dan akan lihat reaksi El, once appetite dia bagus ya gw naikin, kalau nggak ya sudah, kita akan coba keesokan harinya. Toh MPASI merupakan pendamping ya bukan core.
  4. Frekuensi akan gw coba 1x sehari selama 1 minggu untuk lihat appetite, once bagus, akan gw coba tingkatkan frekuensi tambahan puree buah/sayur di sore/malam hari dengan porsi yang light.
  5. Tekstur : dimulai seencer ASI di 2-3 hari pertama untuk kemudian ditingkatkan sampai jadi puree yang lembut tapi tidak mudah jatuh dari piring.
Mengingat El sehari hari di daycare, prinsip di atas juga akan gw komunikasikan dengan caregiver yang disana. Alhamdulillah mereka cukup terbuka untuk penuhi standar yang gw mau. Ini penting karena mereka yang akan provide MPASI dan yang akan kasih langsung ke El. Yang jelas masuk masa MPASI komunikasi mesti diintensifkan, untuk mempermudah observasi reaksi El untuk setiap makanan yang kita coba (rash, muntah, perubahan pola BAB).

solids6-8550
 Menu yang akan gw coba :
  • serealia : Brown rice, mung bean, barley, oat
  • sayur : butternut squash, brokoli, potato, carrot.
  • buah : peer, apel, guava, mango, banana, avocado
  • protein : ayam. untuk pengenalan protein akan gw lakukan di menjelang usia 7 bulan, bukan karena apa apa, rekomendasi DSA protein bisa mulai diberikan di minggu ke 2 tapi di awal-awal rasanya gw pengen intensif ngenalin buah dan sayur.
Untuk yang sayur dan buah ini gw sepertinya akan cukup fleksibel ajah. Yang mana yang nemu duluan dan lebih gampang dibikin. Sedangkan serealia sebenernya persiapannya memang agak ribet tapi bisa diakali kok. Rencananya semua akan gw cicil dibuat tepung, jadi ketika perlu tinggal dimasak lebih simple dan hemat waktu.
Di postingan selanjutnya ya akan gw coba tulis cara buat tepung serealianya.

0 Responses to Rencana MPASI 6 Bulan

Post a Comment

Tick.. Tack..

Daisypath Anniversary tickers Lilypie Kids Birthday tickers

Blap Blip Blup

Popular Posts