Lebaran 2014

Posted by asti 15.8.14
Lebaran tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Tentunya karena ada bambino di perut jadi rutinitas rute perjanlanan lebaran pun sedikit berubah. Biasanya libur lebaran itu minimal memakan waktu 8 hari, karena dibagi 3-4 hari di rumah mama papa di Surabaya dan dilanjutkan 4-5 hari dirumah bapak ibu di Kalimantan.
Diawali dengan family dinner di malam takbiran, kali ini kita pergi ke Hotel Garden Palace. All you can eat so aman sentosa mengakhiri hari terakhir puasa. fam
Pas hari H lebaran, seperti biasa pergi sholat ied ditempat yang biasa juga.. di lapangan kantor Bulog Surabaya. Selanjutnya papa, adek sama MI ngelanjutin nyekar. Gw nggak dibolehin ikut acara nyekar. Papa minta mama dirumah nemenin gw, bahkan MI pun ga papa kalo ga ikut, khawatir gw sama mama pengen jalan-jalan. Okeeeey deh eyang to be mulai posesif. Seharian anteng deh dirumah nungguin papa adek sama MI keliling nyekar keluar kota. Siap-siap nunggu oleh oleh aja hehehe.
Malamnya seperti biasa keluarga dari papa ngumpul semuanya. Ada bude-bude, sepupu sama keponakan seseruan maaf-maafan, foto-foto dan bagi angpaw. Tahun ini ada anggota baru, Bima, keponakan ganteng yang baru lahir beberapa bulan yang lalu. Nggak lupa cerita-cerita keponakan ABG yang sibuk cari sekolah dan pacar baru.fam 2fam 3
Tahun ini gw nggak ikut trip ke Kalimantan karena pertimbangan perjalanan darat yang cukup memakan waktu lama (kurang lebih 3-4 jam) dengan kondisi jalan yang rasanya nggak terlalu bagus kalau dibandingkan dengan jalan-jalan di Jawa. Jadi total 8 hari gw akan habiskan waktu buat kumpul sama mama papa adek untuk wisata kuliner di Surabaya, yaaaaaay.. Sedihnya ya karena mesti jauh-jauhan sama MI, yang melanjutkan trip di H+2 lebaran. Tapi ga papa, kasian juga dia tahun depan insya alloh ga mudik kalau bambino lahir jadi ya biar dipuas-puasin peluk-pelukan sama ibu.
Sisa hari liburan di Surabaya dihabiskan dengan.. wisata kuliner tentunya.. beberapa yang bisa di share..
photo 1
Soto Madura Tapak Siring
Soto madura yang ada di Jalan Dharmahusada No. 41 ini kebetulan buka di hari H+1. Jangan ditanya antreannya, 1 orang yang takeaway bisa pesen 10 – 20 bungkus, mungkin pengaruh mbak-mbak ART mudik dan banyak tamu yang dateng karena lebaranan dirumah kali ya. Tapi kalo mau makan disitu diduluin kok.
Karena ini soto madura, jangan sampe minta ayam ya karena soto madura setau aku semuanya adalah daging dan jerohan sapi (hihihihi jadi inget temen yang pesen soto ayam di warung soto madura). Potongan daging dan jerohan disini generous banget deh. Tapi ga usah khawatir, gampang gigitnya karena lumayan empuk. Yang unik adalah porsi nasinya, karena dibungkus daun pisang dengan ukuran cukup mini, kira-kira sebesar kepalan orang dewasalah. Bisa jadi kita ambil 2-3 bungkus untuk temen makan soto.
Selanjutnya… mama ngajakin sarapan di pecel ibu kus. Tadinya mau pecel bu Yatin, yang terkenal endeus sesurabaya, tapi maunya yang agak deket rumah dan kebetulan aku belum pernah coba, cuss we go..
pecel kus
Pecel Bu Kus
Menurut aku pecel itu sama hanya yang membedakan adalah bumbu pecel dan toppingnya. Disini pecel disajikan diatas daun, dengan sayur mayur yang standar pecel, antara lain ada toge, daun singkong/pepaya, tempe orek, serundeng ples daun kemangi. Bumbunya menurut aku nggak terlalu istimewa, cuman.. disini ada pilihan untuk makan pecel ples sayur lodeh ples tempatnya ber-AC. Lumayan beda ya..
Kalo boleh pilih, masih akan pilih pecel bu Yatin di Surabaya atau pecel kalibata di Jakarta. Tapi kalo lagi lewat dan mau tempat yang adem ber AC boleh dicoba.
Pecel Bu Kus Barata JayaJl. Barata Jaya XX/11, Surabaya
Telp.  031-5042357
Jam buka : 06.00-21.00 WIB
Terus.. tentunya ritual makan bebek palupi, lontong balap pak gendut, mie mapan dan.. mari kita berburu almond crispy yang happening.
Buseeeet niy jajanan yang mengklaim dirinya sebagai oleh-oleh khas surabaya ini ngantrenya najong tralalala.. untung aja pabriknya cukup deket dari rumah. Jadi effortnya sedikit berkurang. Kalo mau tau antrenya kayak apa.. like literally mengular naga panjangnya. Mana tempatnya pun cukup panas karena nggak ber AC. Udah ngantre pun maksimal seorang cuman dijatah 6 kotak. Beberapa hari menjelang berakhirnya liburan lebaran emang di semua cabang wisata rasa, si almond ini ludes abis. Cuman ada di tempat produksinya yang ada di jalan jemursari.
Dan alhamdulillah sayapun bisa bawa pulang 12 kotak almond crispy pesenan sahabat-sahabat kesayangan dan oleh oleh buat bu RT dirumah. Hasil kerjasama yang ciamik dengan dedek kesayangan *smooch.
Jl Jemur Sari No. 164 (Setelah Superindo)
Telp: 031 8431459
Jl Jl. Mayjend. Sungkono No. 135 , Dukuh Pakis – Surabaya Selatan
Telp: 031 5611954
Jl. Tunjungan 50
Telp : 031-535160
Balik jakarta.. sakses naik 1,5 kg ouuuuuuw pantes celana udah mulai bikin sesak nafas.

0 Responses to Lebaran 2014

Post a Comment

Tick.. Tack..

Daisypath Anniversary tickers Lilypie Kids Birthday tickers

Blap Blip Blup

Popular Posts