W13 - Makan Vitamin

Posted by asti 10.6.14
Di minggu 13 ini gw udah mulai minum vitamin yang dikasih dokter pas terakhir kali kontrol di week 12. Berawal karena gw ngerasain sakit yang lumayan ngganggu disekitar pinggang, ples pegel di tulang ekor (jompo deh ah). Tanya kanan kiri temen-temen yang lagi hamil katanya baru ngerasa sakit pinggang setelah hamil masuk trimester 2 akhir dan awal trimester 3.
Pas kontrol coba gw tanya ke dokter irham, menurut beliau rasa pegel yang dirasain itu wajar karena tulang panggul sedang bikin ruang untuk perkembangan baby. Rasa pegel ga liat usia kehamilan juga, suka-suka dia aja mau mulai berasa kapan hihihihi. Akhirnya gw coba dikasih kalsium karena mungkin dari makanan kurang ya.. mereknya calsiro ples sekalian diresepin semacam vitamin penambah darah, hemobion, ples suplemen makanan, lactafar. Untuk yang vitamin boleh langsung di hajar sekarang atau ntar-ntar aja. Gw memutuskan hajar aja dari sekarang hehehe secara makan masih berantakan banget. Ples tentunya tetep konsisten jaga jumlah minimal minum air putihnya. 
Untuk kalsium ini rasanya penting sih ya, gw malah khawatir kalau ternyata kurang, karena selain penting buat gw karena mesti share kalsium sama baby, juga penting banget buat pembentukan tulangnya baby. Ga harus sih makan vitamin kalau suka minum susu sama makan sayur hijau misalnya brokoli dan bayam buat asupan kalsium. Cuman buat gw yang makan sayurnya minim, terutama kalo lagi tergoda makan siang di mall ga jarang jadi skip makan sayurnya.
Alhamdulillah setelah beberapa hari makan vitamin dan coba sebisa mungkin makan sayur setiap hari, udah mendingan ga sakit pinggang dan tulang ekor lagi. Selain itu gw juga coba rutinin berenang sih kali bisa bantu memperlancar peredaran darah dan jaga stamina. Ples kalo lagi dikantor depan komputer atau lagi meeting minimal sejam sekali gw usahain berdiri atau jalan, ntah ke kamar mandi atau sekedar berdiri aja. Kapan lagi meeting sambil berdiri? liat liat juga sih meetingnya sama siapa. Kalo sama departemen sendiri sih masih okay, pada maklum.

Nah ada sedikit efek dari makan vitamin-vitamin itu yang bikin gw kaget. Tiba-tiba pas BAB, warna BAB nya berubah jadi gelap, hijau kehitaman. Agak khawatir ya secara belum pernah, parnoisme kembali menyerang, takut kenapa-kenapa. Ga ada gejala apa- apa, ngerasa sehat walafiat, makan juga nggak ada yang aneh-aneh. Setelah diinget-inget vitamin intake itu tersangkanya, karena sebelum makan vitamin wajar aja warna fecesnya.
Coba browsing, dan benarlah, rupanya efek samping dari vitamin penambah darah salah satunya adalah berubahnya warna feces karena residu dari vitamin. Coba konfirmasi lagi ke dokter (mudah-mudahan sabar ya dok.. pasiennya bawel) dan dibilang wajar. Yang penting jaga asupan cairan supaya nggak sembelit. Alhamdulillah…
Jadi temans kalau ngalamin hal yang sama, selagi ngga ada gejala aneh-aneh dan ada intake vitamin resep dari dokter terutama yang berupa vitamin penambah darah, ga usah panik ya.. :)

1 Response to W13 - Makan Vitamin

  1. Unknown Says:
  2. terima kasih infonya ^_^

     

Post a Comment

Tick.. Tack..

Daisypath Anniversary tickers Lilypie Kids Birthday tickers

Blap Blip Blup

Popular Posts