W14 - Mimisan

Posted by asti 17.6.14
Disuatu siang yang dingin karena hujan, posisi didepan PC di kantor tetiba ada yang mengalir dari hidung. Gw pikir ingus karena kondisinya emang lagi flu. Ternyata eng ing eng.. darah. Rada gemeter karena seumur-umur jarang banget namanya mimisan, seinget gw nggak pernah malah. Semenit, 2 menit, sampe 5 menit ga berenti. Ditunggu baru ga keluar lagi sampe itungan 20 menitan.
Sambil nunggu selesai mimisan sambil coba browsing dan wassap dokter, biasa newbie bumil lebih gampang deg degan khawatir. Ternyata jawaban yang gw dapet, pada ibu hamil kan hormon progesteron meningkat, salah satu fungsi dari hormon tersebut adalah untuk mempertahankan kehamilan sampai dengan 9 bulan. Nah hormon ini ternyata ada “efek sampingnya” yaitu menyebabkan pelebaran pembulih darah kecil diantaranya di daerah hidung dan gusi. Selain itu selaput juga agak lebih tipis dari biasanya. Akibatnya tak jarang ibu hamil lebih rentan mengalami mimisan dan gusi berdarah.
Menurut dokter, hal tersebut wajar kalau nggak sampai berlebihan. Artinya mulai kenali tanda kegawatdaruratan dan segera konsultasi ke dokter kalau mimisan nggak berhenti juga atau pendarahannya dengan jumlah sangat banyak yang sampai bikin kitanya pusing atau keliyengan. Tentunya akan ada pengaruh juga ke asupan nutrisi ke janin.
Gw coba share dari yang gw dapet cara-cara mengatasi mimisan, karena banyakan temen kantor bilang supaya gw tiduran atau dongak ke atas. No no ternyata agak keliru, karena malah bisa bikin darah masuk ke saluran pernafasan.
Berikut tips yang gw dapat :
  1. Jangan menyumpal kedua lubang hidung dengan benda apapun termasuk tisu.
  2. Tekan kedua lubang hidung dengan ibu jari dan telunjuk selama beberapa menit lalu kompres dengan air dingin. Air dingin membuat pembuluh darah di sekitar hidung mengerut, hal ini dilakukan agar perdarahan yang sedang terjadi berhenti.
  3. Hindari posisi berbaring ataupun mendongakkan kepala karena darah dapat masuk ke saluran pernapasan.
Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah mimisan, yang gw dapat dari sini :
  • Drink extra fluids to help keep all of your mucous membranes well hydrated.
  • Blow your nose gently. Aggressive blowing can lead to nosebleeds.
  • Try to keep your mouth open when you sneeze.
  • Avoid dry air, especially in wintertime or in dry climates, by running a humidifier inside your house and not overheating your bedroom. Also stay away from irritants like smoke, which you should be avoiding anyway.
  • Use a lubricant to prevent nasal dryness. Some experts recommend petroleum jelly. Others suggest a special water-based nasal lubricant that is available over the counter at pharmacies. Saline nasal sprays or drops can help, too.
  • Don’t overuse medicated nasal sprays or decongestants. They can dry out and further irritate your nose.
So kalau ngalamin nggak usah terlalu panik, tetap tenang. Semoga berguna..

2 Responses to W14 - Mimisan

  1. berkunjung kemari, salam ditunggu kunjungan baliknya

     
  2. Unknown Says:
  3. datang berkunjung sambil menyimak postingannya, ditunggu kunbalnya

     

Post a Comment

Tick.. Tack..

Daisypath Anniversary tickers Lilypie Kids Birthday tickers

Blap Blip Blup

Popular Posts