Nutrisi Selama Hamil

Posted by asti 5.9.14
Selalu bingung deh kalo ada yang bilang, kalo hamil ga boleh ini ga boleh itu. Jadi gw makan apa dooong. Nanya sama pak dokter, nyante banget doi. Dijawab sama dia “yang ga boleh itu kalo ga makan”. Selain itu secara nggak sadar suka bandingin sama temen-temen yoga atau dikantor tentang kenaikan berat badan. Suka khawatir kurang sehingga bambino jadi kekecilan atau kadang berasa kegendutan kalo nanya sama temen yang hamil ala ala artis hihihi. Bisa gitu ya, perut doang belendung tapi yang laen tetep slim.
Sampai akhirnya nemu video di youtube yang lumayan banget buat nambah-nambah pengetahuan dan bisa jadi patokan supaya nggak makin lieur sama info ini itu. Lengkapnya bisa dilihat disini dandisini. Paling nggak jadi tau lah ya standar kebutuhan tubuh tuh kayak apa. Yang nyenengin ga susah kok ternyata buat memenuhi standar itu.
Jadi rata-rata kenaikan berat badan ibu itu idealnya 15-20 kg, di T1 itu sekitar 3-4 kg, T2 sekitar 0.5 kg setiap minggunya dan di T3 itu di 13-15 kg. Untuk penentuan nutrisi didalam makanan sendiri beberapa yang jadi poin penting untuk di notes:
tabel gizi
Kalau dilihat, sebetulnya nggak terlalu banyak ya makanan minimal yang dibutuhkan. Wajar makan kita sehari-hari kayak sebelum hamil hihihihi ngemil oh ngemil.. kenapa godaan itu berat sekali.
  1. Daging dibutuhkan terutama di T3 untuk memenuhi kebutuhan asupan zat besi yang meningkat. Kekurangan zat besi ini bisa menghambat pertumbuhan bayi dan kurangnya kemampuan kontraksi ibu. Daging disini yang dimaksud adalah daging merah ya. Bisa juga sih dari sayuran tapi masih kurang :) ouwyeah banget ya buat pecinta daging macem akyuu
  2. Vitamin D : pada beberapa literatur barat vitamin D ini krusial tapi mengingat kita hidup dinegara tropis rasanya asupan vitamin D kita ini bukan isu besar, tapi kalaupun mau tes bisa aja kok.
  3. Kalsium : nah ini sebetulnya bisa didapet dimana aja, susu juga udah cukup kata dr ivan. Nggak perlu susu khusus ibu hamil, susu UHT juga udah ok. Yang ada di chart, 2 gelas itu juga udah berlebih katanya, 1 gelas juga udah cukup. Kebanyakan kalsium efeknya juga kurang ok cyiiiin, bisa bikin rontok rambut.
  4. Asam folat : kebutuhan asam folat ibu hamil itu sekitar 400 microgram, tapi itu hanya pada T1 kehamilan. Kalaupun dilanjutkan pada trimester selanjutnya sih boleh aja tapi ga akan ngaruh buat bayinya. Nah asam folat ini nggak cukup dari makanan yang kita makan (brokoli, hati dll) karena kandungannya terlalu sedikit untuk memenuhi kebutuhan tubuh, sehingga dibutuhkan tuh intake vitamin.
  5. Asam lemak (omega 3 dan omega 6) : nah ini dibutuhkan untuk pembentukan sinaps neuron otak bayi, penting untuk T2 dan T3. Bisa didapat di salmon, sarden dan ikan kembung.
  6. Vitamin B2 : Mengandung banyak protein yang berguna untuk cadangan energi untuk persalinan. Bisa didapat melalui asupan keju dan telur.
  7. Vitamin B12 : Asupan ini dibutuhkan sepanjang kehamilan untuk pembentukan tulang belakang (sel-sel), saraf sinaps sum-sum tulang belakang. Bisa didapat dari susu, kedelai, tahu dan tempe. Nah ini dia PR gw, kurang suka tahu tempe. Kalau ada yang khawatir kebanyakan tahu tempe bisa bikin alergi, ternyata kalau asupan normal dan wajar niy ya nggak akan jadi pemicu alergi kok.
  8. Vitamin C : tentunya ada di buah buahan.
  9. Cairan : PENTING banget minimal 2 liter per hari dan ini PENTING di T1 dan T3. Kalo ga suka air putih, apapun yang cair lah.. infused water, teh ok tapi perhatikan kandungan gula ya. Soda menurut dr ivan juga masih ok tapi sayangnya mengurangi hidrasi tubuh sehingga dibatasi ya. Kopi pun juga ga papa tapi maksimal 4 espresso sehari, lebih dari itu bisa meningkatkan chance keguguran. Yaaaaaaay… latte-latte, cappuchino masih ok lalalayeyeye.
PR nya banyaaaaaaak deh buat bikin bener makanan. Secara masih rocker banget masalah makanan apa apa dihajar masuk :(
Nah gw juga suka bingung bambino udah ok blom sih beratnya, soalnya dokter cuman bilang “ok baik..” aja hihihi terus nemu niy chart yang bisa jadi panduan pertumbuhan berat janin dan berat ibu (sayang gw lupa dapet darimana). Untuk tabel rata-rata kg pertambahan berat badan ibu nggak usah terlalu risau, ini kan cuman chart, again penambahan berat badan ibu itu nggak ngaruh ke bayi kok, kalo tipe hamil artis, selama bayinya pertumbuhan baik uwoooooo how lucky you are hihihihi. Kalau ternyata penambahan berat badan ibu juga diatas rata-rata selama bayinya sehat itu juga ok, paling nanti agak banyak PR buat nurunin berat badan setelah melahirkan :) :) Jangan terlalu khawatir Sti… *pukpuk pundak sendiri*.
chart
 Salam balanced good health..

0 Responses to Nutrisi Selama Hamil

Post a Comment

Tick.. Tack..

Daisypath Anniversary tickers Lilypie Kids Birthday tickers

Blap Blip Blup

Popular Posts