Ngelanjutin postingan gw sebelumnya, gw mau ngebahas sedikit tentang asuransi yang dipunya Boni.
Kalau ditanya tentang penting atau nggak pentingnya punya asuransi mobil, menurut gw, perlu atau nggak nya asuransi mobil ini penting-penting nggak penting, bergantung pada kondisi di kota lo tinggal. Dulu pas tinggal di Surabaya, rasanya mobil yang gw biasa pake nggak dilengkapi asuransi dan baek-baek aja. Bisa jadi karena situasi lalu lintas kota yang nggak seberantakan Jakarta. Nah pengalaman gw mengatakan bagi yang tinggal di Jakarta asuransi ini masuk ke salah satu komponen penting yang mesti dipunya.
Alkisah yang pernah gw alami, 3 hari Boni keluar dari dealer, sepulang kerja di lampu merah JIEP (kantor gw sebelumnya di Pulogadung yach) bajaj nyerempet Boni, tetanus dah si Boni. Tipis aja siy sebenernya tapi tetep aja gores bukan bo? terus di lampu merah yang sama Boni juga pernah disenggol ojek. Cakep banget to... Boni juga pernah kehilangan kuping pas lagi gw parkir di parkiran kos di Setiabudi, kaca spion Boni dicongkel. Gw ma MI juga pernah ngalamin yang namanya tabrakan beruntun di tol, dan bikin bumper Boni retak dan merangsek masuk ke mesin. Mau ribut minta ganti sama supir bajaj atau tukang ojek? duh paling dapet ribut aja, males ribet. Pas kejadian di tol itu juga ga pake ribut-ribut, malah pada ngeliat kondisi mobil masing-masing terus saling lempar senyum bubar jalan.
Kalau mau kalkulasi, dari kejadian-kejadian yang gw alami bukan karena gw yang ugal-ugalan.Ongkos perbaikannya masya allah bisa buat gondok seminggu kali. Hum kalo itungan ganti bumper, cat, ongkos pengerjaan, belum kalo spion dicolong. Jadi mending kita lengkapi dengan asuransi, biaya tahunannya udah pasti besarnya ples kita bisa tenang kalo mesti markir mobil toh kalo ada apa-apa bisa klaim ke insurance company.
Untuk asuransi sendiri kita punya banyak banget pilihan, tinggal kita banding-bandingin aja fasilitas yang nyaman buat kita karena kalo dari sisi premi hampir mirip-mirip kali ya. Boni sendiri sudah 3 kali perpanjang asuransi di Autocillin, bukan promosi siy tapi buat gw fasilitas dan pelayanannya buat gw cukup memuaskan. Gw pernah coba pake insurance company lain (insurance company competitor yang besar dan terkenal yang iklannya dimana-mana) tapi ya itu gw kurang cocok sama pelayanannya. Menurut gw masih agak merepotkan kalo kita mau klaim.
How to apply?
Kita bisa telepon ke kantor asuransi itu untuk bikin janji survey. Tentu saja setelah itu kita mesti bawa mobil ke kantor asuransi untuk isi formulir aplikasi dan mobil kita di foto-foto. Setelah itu agen asuransi kita akan bikin penawaran, biasanya berbentuk seperti polis asuransi. Dari situ kalau kita oke dengan penawaran itu, kita bisa transfer pembayaran dan agen asuransinya akan membuatkan polis asuransinya.
How to claim ?
Kalo kita pake Autocillin, kalau mau klaim kita tinggal telepon hotline numbernya, kita sebutin nomer polis, data terkait kejadian, terus bikin janji buat survey. Nggak perlu repot-repot bawa mobil ke kantornya karena pas tanggal janjian itu mereka akan kirim petugas surveynya ke kantor/rumah kita. Mobil kita difoto-foto dan ditandain yang mesti diperbaiki, ada juga siy formulir yang kita mesti isi yang salah satunya berisi ilustrasi kejadian.
Dari survey yang dilakukan itu kita dapat SPK yang harus kita bawa pada saat kita masukin mobil ke bengkel langganan. Setau gw Autocillin punya bengkel rekanan yang bisa bantu ambil mobil kita, kalo kita males ke bengkel (wakwaoooo) atau ga punya waktu misalnya, fasilitas ini bakal sangat membantu. Begitupun kalau mobil selesai, mereka akan anter mobil ke rumah/kantor kita. Kebetulan gw udah pernah pake juga bengkel ini dan menurut gw hasilnya rapih.
Nah buat gw fasilitas jemput bola ini penting, karena artinya gw nggak perlu repot bawa-bawa mobil ke kantor asuransi buat survey terus nyempetin waktu lagi buat pergi ke bengkel buat perbaikan. Praktis banget. Sayangnya fasilitas ini ga bisa dikasih sama si perusahaan asuransi lain yang pernah gw pake itu. Ribet jadinya mesti mondar mandir urus klaim.
Fitur apa yang diperoleh?
Jangan lupa ketika akan deal asuransi mobil, perlu kita cek fitur-fitur apa yang kita peroleh dan coverage perlindungannya. Apakah hanya cover ketika mobil hilang atau memang diberikan beserta beberapa fasilitas perlindungan lain. Kenapa penting? Pada beberapa perusahaan asuransi, perlindungan terhadap banjir dan gempa belum masuk di paket asuransi standarnya, jadi kalau kita menghendaki adanya perlindungan atas kondisi banjir dan gempa (yang mana sangat penting buat dimiliki buat yang tinggal di Jakarta dan sering memarkir mobilnya di basement) kita mesti minta untuk dibuatkan endorsement-nya. Tentu saja ada prosentase tambahan yang mesti kita bayar.
Own Risk
Biaya own risk ini adalah biaya yang harus kita bayar pada waktu kita ngajuin klaim. Ini penting buat diperhatiin, karena sepengetahuan gw besarnya own risk di tiap-tiap insurance company itu bisa jadi beda. Jangan sampe pas lo mau claim rada surprise sama besarnya own risknya yang mesti ditanggung. Sebagai informasi tambahan, own risk ini dikenakannya per kejadian.
That's it, semoga yang gw tulis nggak ada yang kelewat ya...
0 Responses to Asuransi Mobil