Merawat Mobil Yang Baik (kyaaaa)

Posted by asti 23.2.10
Bulan April nanti gw anniversary an bareng BONI hihi. Nggak berasa ya BONI dah sangat sangat setia anter gw kemana-mana selama hampir 4 tahun. Selama BONI sama gw, alhamdulillah BONI baek-baek aja, jarang banget rewel. Pernah sekali aja mogok ga mau distarter dan ternyata Accunya mesti diganti, terus diserempet abang bajaj ma ojek sekali-sekali, nggak parah. Terus gw pernah juga ga sengaja serempetin ke pembatas besi di parkiran kantor (yaeyalah mana ada serempetan sengaja dul...), terus pernah juga BONI kupingnya dicolong maling, praktis bikin gw mewek-mewek telepon MI trus pernah juga siy tabrakan beruntun di jalan tol, hidungnya Boni pesek dikit trus bumpernya retak (bweeeee kok banyak juga ya ternyata).

Gw siy bukan expert dalam bidang per otomotifan siy tapi mau share pengalaman aja ngurus BONI tercintah selama ini, mana tau temen-temen yang cewek terutama berniat beli mobil baru atau baru saja dikasih mobil baru dan sayangnya mesti ngurus sendiri.

Ambil mobil di dealer

Kebetulan Boni itu dibeli di dealer Surabaya, secara gw minta bantuan papa buat urus tetek bengek pembeliannya. Jadi gw have no idea tentang detil pembelian. Tapi yang jelas waktu itu papa minta Boni nol kilometernya di Jakarta, maksudnya kita nggak ribet buat urus pengiriman Boni dari dealer Surabaya ke Jakarta. Ternyata dealer yang di Surabaya bisa urusin itu.

Sebagai info tambahan, rupanya tidak semua dealer mobil bisa melakukan pengiriman seperti itu, sebelumnya papa pernah nanya ke dealer mobil sebelah (merek mobil competitor) dan dealernya bilang kalo doi nggak bisa ngatur nol kilometernya di Jakarta, jadi mobil mesti dikeluarkan dari gudang Surabaya untuk kemudian dia bantu masalah pengirimannya ke Jakarta. Biaya pengiriman waktu itu kalau nggak salah kurang lebih 2 juta Rupiah (ada komponen biaya asuransi di dalamnya).

Oiya waktu itu gw ambil mobil barunya langsung ke gudang Toyota (ada opsi buat dianter siy sebenernya) jadi gw mesti urus surat jalannya soalnya STNK dan BPKB nya belum keluar. Untuk pengurusannya bisa minta tolong sama dealer mobilnya kok jadi nggak usah khawatir ribet. Jadilah gw dateng ke gudang Toyota dengan bawa plat nomor putihnya, ples surat jalannya. Disana kita bisa cek-cek fisik kendaraan dulu dan minta untuk dipasangin plat nomor sementara yang kita bawa.

Penggunaan pertama
Keluar dari dealer, mobil udah siap buat dipakai asal nggak tengsin aja pake mobil plat putih hehehe. Gw kebetulan rada tengsin siy ngider pake plat putih, jadi gw tunggu plat hitamnya jadi. Nah pemakaian di awal-awal gw dapet beberapa tips, sebetulnya gw nggak tau alasan teknisnya apa tapi nasehat dari beberapa orang temen, kalau mobil baru tuh katanya mesinnya masih kaku jadi nggak bolek ekstrim makenya (widih kaku.. nggak encok pegel linu sekalian..hehehe). Ekstrim disini maksudnya sebisa mungkin kita nggak melakukan manuver berlebihan, misalnya nggak ngerem mendadak, atau ngegas terlalu dalem dengan gigi rendah. Ada juga yang kasih nasehat kalau sebelum 1000 km sebaiknya nggak dibawa jalan ngebut di atas 100 km/jam. Gw siy manut-manut aja toh ga ada ruginya, jadinya pas gw bawa Boni ke Bandung di tol cipularang maksimal 100km/jam hihihihi.

Cek Rutin
Buat cewek macem gw yang nggak tau banyak tentang permesinan paling nggak mesti tahu beberapa hal yang emang bisa kita cek sendiri :
  1. Tempat cek oli mesin, bentuknya tabung kecil yang ditutup tabung oli itu biasanya ada tongkat ukurannya yang ada tulisan penanda maksimum atau minimum oli, kalau kurang kita bisa pergi ke bengkel buat ditambahin.
  2. Tempat cek air radiator, inget ya kalo mau cek ini, mesin harus dalam keadaan dingin. Kalau air di tabung radiator ini berkurang, kira bisa kok tambahin sendiri pake air kran. Perlu juga perhatiin kalau air radiator ini cepet banget berkurangnya, ada baiknya pergi ke bengkel buat dicek, khawatirnya ada selang radiator yang bocor.
  3. Tempat cek oli power steering, oli power steering ini yang bikin setir mobil kita enteng. Kalau udah berasa setir berat dan ternyata ga ada ban yang kempes kita bisa cek di tabung power steering ini. Kalau ternyata oli nya penuh bawa deh ke bengkel.
  4. tempat cek air weaper, untuk air weaper ini gw suka tambahin sama cairan khusus dari KIT biar kacanya Boni tetep cling.
  5. Air accu, ini sebenernya juga ga pernah gw lakuin tapi katanya bisa bikin accu kita awet. Caranya cukup rutin ngecek posisi air accu masih diambang yang seharusnya apa nggak.
Service rutin
Untuk mobil baru ada buku panduan servicenya yang bisa jadi acuan kapan aja kita harus service dan jenis perawatan apa saja yang dibutuhin. Untuk kilometer 1000 dan 5000 seinget gw siy masih dikasih gratis. Untuk service rutin selanjutnya kita mesti lakuin tiap 10.000 kilometer, yang pasti adalah untuk ganti oli.

Untuk service rutin ini gw biasanya pergi bengkel resmi di Auto 2000 Pramuka. Kenapa pramuka? karena sejak awal mobil gw diurus disana terus Boni juga punya LO yang tau persis riwayatnya sejak awal dan udah gw kenal, jadi lebih enak kalo mo ngapa-ngapain. Ibaratnya rekam medisnya si Boni ada disana gitu.

Sedikit tips kalau mau service rutin di Auto 2000, untuk service di weekend kita bisa booking via telepon 3 hari sebelumnya jadi kita bisa lebih fleksibel atur mau masukin mobil kapan dan nggak nunggu antrean lama-lama.

Ganti Ban
Ini niy yang paling bikin ribet, mesti belajar cara basic ganti ban. Gw secara teori siy tau dimana gw simpen dongkrak dan perlengkapannya itu dan gw paham gimana prosedur ganti ban, in case gw ngalamin pecah ban atau ban kempes. Tapi prakteknya gw siy blom pernah ganti ban sendiri (dipikir pikir apa iya gw kuat copotin bautnya?angkat bannya?hum...). Selama ini kalau gw ngalamin ban kempes biasanya gw cari tukang tambal ban terdekat dan gw minta bantuan mereka buat ganti hehehehe atau skenario gw saat ini kalau ga ada tukang tambal ban terdekat gw siap sedia nomer telepon emergency call bengkel astra sama nomer telepon bengkel asuransi.

Boni sendiri sekarang ban-nya diisi pake nitrogen, kata bengkel bannya gunanya kalau pas ban ketusuk paku anginnya nggak langsung abis. Gw siy ga tau ya bener apa nggaknya, tapi secara nggak terlalu mahal juga ganti angin biasa ke nitrogen jadilah gw ganti (gw kuras angin itu untuk 5 ban cukup bayar 75rb dan dapat free kuras 1 kali). Harapannya apa yg dibilang bengkel bener ya... Info tambahan, bengkel ban gw ada di jalan Pramuka, tempat tunggunya adem dan ada tv nya, untuk yang tertarik silahken meluncur kesana.

Pajak dan STNK
Hum.. untuk pajak ini mesti kita bayar rutin setiap tahunnya. Untuk kapannya, kita bisa lihat di balik STNK mobil kita, disitu ada due date per tahunnya. Dimana bayarnya? untuk Boni yang berplat L, MI biasanya bayar di drive thru-nya samsat, cukup gampang kok tinggal bawa STNK asli aja kesana.

Untuk STNK terus terang gw blom pernah urus karena Boni juga blom 5 tahun. Tapi katanya sekarang juga udah gampang ngurusnya, tempatnya sama tinggal ke counter drive thru-nya Samsat.

Pesen gw untuk kedua hal ini jangan sampe telat ya bayarnya, soalnya ada dendanya. Sayang kan mesti bayar lebih cuman gara-gara telat bayar.

Ada satu hal lagi yang pengen gw share tentang asuransi Boni, tapi diposting laen kali aja ya...Maafkan kalo ada salah penyebutan istilah atau salah informasi semata karena keterbatasan pengetahuan gw, boleh lho kalo mau kasih info tambahan. Nihao semoga sedikit info dari gw bisa membantu kawan-kawan semua.

Selamat berkendara....

Image and video hosting by mylivesignature

0 Responses to Merawat Mobil Yang Baik (kyaaaa)

Post a Comment

Tick.. Tack..

Daisypath Anniversary tickers Lilypie Kids Birthday tickers

Blap Blip Blup

Popular Posts