Kuliner Hari Raya

Posted by asti 23.8.12
Pulang ke Surabaya selalu berarti wisata kuliner. Nope aku bukan yang apal mati di luar kepala atau tau tempat kuliner paling endeeeuuus di Surabaya, secara emang baru-baru ini aja rajin explore bareng MI dan adek. Dulu zaman masih tinggal di Surabaya termasuk jarang banget makan di luar, atau kalopun mau jajanan khas surabaya disekitar rumah udah banyak yang enak, ga perlu jauh-jauh. Jadi kalo ditanya beberapa tempat beken di Surabaya errrgh ga cukup bisa bantu juga.

Pecel Pincuk
Beberapa tempat makan yang jadi langganan tiap kali lebaran di Surabaya salah satunya Pecel Pincuk Surabaya yang ada di jalan Jemursari (dekat resto Forum). Rasanya sejak resto ini buka, aku sekeluarga inti ga pernah ngelewatin sarapan disini selepas sholat Ied. Secara masih pagi banget dan pas banget hari raya, dikit banget resto yang buka. Mama juga ga pernah masak karena begitu nyampe rumah udah harus langsung berangkat nyekar ke luar kota.

Makan pagi disini ga pernah mengecewakan. Pecelnya maknyus, lauk yang variatif dan utamanya karena disajikan ala prasmanan jadi kita bebas meramu komposisi isian pecel kita. Tempat makannya juga cukup nyaman karena berpendingin udara.


Kamar Bola
Selain pecel pincuk, resto wajib dikunjungi keluarga aku pas lagi hari raya adalah Rumah Makan Murni yang ada di pusat kota Jombang. Sama halnya kayak pecel pincuk Surabaya, rumah makan yang menyajikan aneka chinese food ini ga pernah tutup di hari raya lebaran. Malah lebih ramai dikunjungi rombongan keluarga yang ada di Jombang maupun yang sedang singgah bersilaturahmi disaba. Selepas nyekar ke beberapa kompleks makam keluarga di Jombang dan sekitarnya, sejak aku keciiiil banget, sekeluarga selalu makan siang di resto ini dan memilih menu yang sama, yaitu Kamar Bola. Ga tau juga kenapa dinamai kamar bola, tapi yang pasti makanan yang mirip cap cay dengan dominasi aneka bakso baksoan ini emang maknyus. Rasanya dari jaman dulu juga ga pernah berubah. Suuuper maknyuuus, sampe sampe selalu bungkus 2 porsi tambahan buat dibawa pulang ke Surabaya.


Lontong Balap Pak Gendut
Baru tahun ini aku menambahkan agenda menyambangi warung lontong balap pak Gendut yang ada di jalan kranggan surabaya. Sebagai penggemar lontong balap, rasanya ada yang kurang kalo ke Surabaya ga cicip makanan yang satu ini. Secara kalo pas lagi di jakarta aku belum nemuin resto yang menyajikan makanan endeeeusss satu ini. Karena tukang lontong balap belakang rumah mendekati lebaran tutup, akhirnya nyobain pergi ke Kranggan. Alhamdulillah buka di H-1 lebaran dan ternyata hari raya pun tetep buka. Yippiiiie kesampaian makan lontong balap.


Di jalan kranggan surabaya ini ada berderet warung lontong balap tapi kalo diamatin emang warung yang 1 ini lebih ramai. Rasanya, ga kalah sama warung lontong balap belakang rumah. Tapi sayang ukuran sate kerangnya masih kalah, warung belakang rumah menyajikan sate kerang dengan ukuran yang lebih besar. Kalo ke Surabaya sempetin deh mampir ke warung ini, jangan lupa mesen es kelapa muda ya..


0 Responses to Kuliner Hari Raya

Post a Comment

Tick.. Tack..

Daisypath Anniversary tickers Lilypie Kids Birthday tickers

Blap Blip Blup

Popular Posts