Thing(s) Called Cynophobia

Posted by asti 2.4.09
Aku bukan seorang ahli jiwa, psikiater atau siapalah yang berkapasitas mendefinisikan atau menerangkan istilah tersebut secara benar, namun fenomena (tssaaaah..) yang belakangan ini aku alami membuat sepertinya aku harus cari tahu lebih lanjut. Jadi gini kondisinya, kurang lebih lima bulan belakangan ini aku merasa terintimidasi dengan keberadaan 3 ekor anjing yang dipelihara sama abang penjaga parkiran mobil yang aku sewa buat si BONI (my-more than a boyfriend-blackish car). Hal tersebut bukannya terjadi tanpa cerita, sebelumnya hubungan aku dan mereka biasa-biasa saja (tau sama tau tapi tidak mengenal..cing lebay..) hingga sampai pada suatu malam dibulan Oktober (sekitar pukul 2.00 am) ketika pulang lembur dan bermaksud nganterin BONI pulang (yes, tempat parkir sewaan yang dijaga 3 ekor anjing itu adalah rumah BONI) terjadi suatu tragedi kejar-kejaran dengan salah satu dari mereka (tentu saja ya bukan aku yang mengejar..da..). Tragedi itu membuat hidupku berubah…

Akibatnya sekarang setiap kali pulang dari manapun, moment mengantarkan BONI pulang menjadi saat-saat terberat, muncul kekhawatiran bakal ketemu sama anjing-anjing itu, rasa malas untuk pulang mendera, deg-degan dan gemetar ketika berada di ”wilayah” mereka , bahkan saking cemen-nya berusaha menghindar supaya nggak masuk ke wilayah mereka (turun di depan tempat parkir terus minta si abang penjaga yang anter BONI masuk). Cemen banget ya..but that exactly happens to me.
Lelah juga ngerasain hal yang tidak menyenangkan itu hampir setiap hari..so Here I Am…mencoba mencari tau apa yang terjadi pada diriku via browsing ece ece.

Am I Cynophobics?

Menurut wikipedia versi bule, sebenarnya rasa takut terhadap anjing itu merupakan satu hal yang wajar karena anjing memang berpotensi bahaya (Natural Fear) nah si cynophobia itu dideskripsikan sebagai ketakutan yang abnormal terhadap anjing (unnatural fear of dogs). Gampangnya si Cyno ini tingkatannya yang lebih tinggi daripada Natural Fear.

Menurut beberapa bacaan yang kutemukan, kalau ngeliat latar belakang timbulnya rasa takut, kemudian munculnya avoiding behaviour, rasa deg-degan, gemetar, perasaan terancam bahkan disaat si anjing sedang dalam posisi gelesotan (tidak mempedulikan kita) merupakan sedikit dari beberapa cynophobia symptoms (gawat..). Tapi ada beberapa gejala lain yang disebutkan dan aku tidak mengalaminya (thank God…), seperti misalnya munculnya rasa takut yang berlebihan bahkan hanya dengan membayangkan seekor anjing,

Hum..susah juga jawabnya ya..semoga saja aku cuman mengalami Natural Fear, bukan salah satu dari Cynophobic.

Yang sedikit mengkhawatirkan, dari beberapa bacaan yang aku dapat, Cynophobia itu bisa mendatangkan serangan jantung dan stroke karena rasa cemas yang berlebihan dan jantung yang berdebar terlalu sering (eits kalo jatuh cinta apa khabar ya…). Serem juga ya..jadi mesti dicari way out mengatasinya. Ada beberapa cara yang aku temukan dari beberapa sumber dan ada beberapa yang kira-kira bisa dicoba (tapi ga tau ya hasilnya gimana...) antara lain :
  1. Hypnosis therapy yang ini tentu saja harus dilakukan dengan bantuan tenaga profesional
  2. Flooding : Exposure Treatment yaitu dengan memasukkan cynophobics ke ruangan penuh dengan anjing baik (ngeri juga ya..cari dimana anjing baek hari gini...)
  3. Membayangkan peristiwa yang mengakibatkan munculnya cynophobia untuk kemudian mensugesti diri bahwa kita tidak takut
  4. Menonton tv atau gambar tentang anjing, melihat anjing dari kejauhan lalu dipertemukan dengan anjing jinak dan menyentuhnya.
  5. Relaksasi, meditasi dan spa

Ternyata rada susah juga kalau melakukannya sendiri…tapi paling nggak aku bakal coba yang poin ke-3, ke-4 dan ke-5 pastinyah. Buat cynophobic selamat berjuang..you are not alone dear

referensi :
http://knowledgebaskom.blogspot.com/2008/06/phobia.html
http://www.phobia-fear-release.com/cynophobia.html
http://www.wrongdiagnosis.com/

1 Response to Thing(s) Called Cynophobia

  1. Unknown Says:
  2. Hai, admin tks sharenya aku cynophobics. Dan ternyata cara menghilangkan phobianya susah juga. Aku sulit bayangin, malahan aku terlalu takut buat bayangin cara di poin 2 dan 4 yang itu paling susah buat aku.

     

Post a Comment

Tick.. Tack..

Daisypath Anniversary tickers Lilypie Kids Birthday tickers

Blap Blip Blup

Popular Posts