Drama ASI dan Berat Badan

Posted by asti 30.4.15
Ternyata… meski sudah mempersiapkan kelahiran jauuuuuh jauuuuuh hari bahkan sebelum hamil, pada saatnya akhirnya baby lahir masih juga ngerasa ada ga siapnya. Apalagi kalau bukan the most anticipated issues untuk ibu yang memutuskan akan memberikan asi eksklusif. Keluar ga ya ASI nya? Cukup ga ya?
Alhamdulillah pertanyaan nomor 1 bisa dieliminasi karena meski bukan tipe yang banjir-banjir, since day 1 kolostrum sudah mulai tampak. Dokter anak, para suster di Bunda fully support jadi sedikit meningkatkan PD. Mama papa yang nungguin pun sudah cukup di share artikel-artikel atau video edukasi tentang ASI. Bahkan ketika El mesti di blue light pun nggak ada nada sedikitpun yang against sama keputusan gw. Cuman tetep ya kakkkaaaaakkkk liat anak bayik ditutup mata terus mesti disinar hangat bikin hati remuk redam.
Ternyata pertanyaan kedua ini yang rupanya menghantui gw dan jadi drama seri penuh intrik yang ganggu hubungan harmonis gw sama baby El. hari-hari awal kehidupan berdua sama El rasanya indah-indah sampe akhirnya tiba El mesti kontrol ke DSA untuk pertama kali dan El belum balik BB lahir. Wakwaoooo..
El emang lahir relatif gendut, waktu pulang sempet turun 300 gram, dan gw santai karena memang begitu kan ya rata-rata bayi turun BB pas pulang. Yang mesti jadi perhatian adalah BB paling telat mesti balik di hari ke 14. Sementara itu… El blom juga balik, bukan karena ASI nya nggak ada tapi karena El suka tidur. Aslik tukang molor abis dia, banguninya susyeeeeeh amit amit. Jadi diawal ga ada tuh gw bangun malem2 karena El bangun, sounds enak tapi… karena El berat badan ga balik akhirnya gw diminta rutin bangun tiap 2-3 jam sekali untuk bangunin El dan kasih susu. Agak perjuangan sih, mulai dari goyang-goyang, diseka pakai washlap ga mempan, bahkan kasih es batu di telapak kaki pun ga manjur.
Tiap kali dateng ke dokter muleeeeees abis gw bak mau ebtanas (eerrrr angkatan 90 an bingits dah masih sebut ebtanas). Dan ini kejadian hampir tiap minggu, karena El masuk dalam pantauan khusus. Apalagi pas sampe dokter diomelin dan dikasih target-target harian berapa mili ASI yang mesti diminum el setiap hari. El terancam masuk kategori slow growth karena turun 2 persentil dari growth chart WHO. Target-target dari dokter bikin gw ngalamin baby blues.. merasa gagal, kepikiran, unhappy..sedih deh kalo diinget-inget lagi.
Oke akhirnya atas saran dokter, El disarankan nggak nenen langsung, untuk tahu persis berapa mili ASI yang berhasil masuk. Sedih karena gw sukaaaaa banget nyusuin dan PR karena mesti ngajarin El pake soft cup feeder. Alhamdulillah sejak awal sudah siap soft cup feeder jadi PR nya tinggal ajarin El pakenya. Kenapa soft cup feeder? karena gw khawatir El bingung puting. Kalo udah bingung puting, in theory panjang juga rentetan masalahnya.. salah satunya bisa ngurangi produksi ASI. Alhamdulillah MI sigap, MI yang ngajarin El pake soft cup feeder dan bener ternyata refleksnya bagus, 2 kali percobaan langsung lancar. Jadilah El disiang hari dikondisikan minum ASIP dan malem nenen langsung dan harus selalu dibangunkan setiap 2 jam sekali.
Gw jadi so obsessed sama berat badan, sampe beli timbangan dan nimbang aja sehari 2 kali (jangan dicontoh ya permisah). Hepi berat badan El ada kemajuan, gendongan El juga berasa makin anteb. Ternyata perjuangan belum berakhir, pas kontrol ke dokter di minggu ke 4 kok belum juga naik berat badannya sesuai target.. makin khawatir aja gw karena DSA udah wanti-wanti kalau juga belum naik, mesti mixed susu formula ples kalau bisa gw mesti cari human milk fortifier formula untuk bantu ngejar berat badannya. Presure makin beraaaat deh di gw, sungguh nggak rela rasanya.
Gw ngikutin insting gw, besok harinya gw putusin untuk cari second opinion ke dokter yang lain yang gw pilih setelah konsultasi sama temen-temen deket. Jeng jengg jeng… subhanallah.. timbangannya beda loh. Beda 300 gram dari timbangan di dokter pertama, dan seketika berat badan El masuk di zona aman. Sementara timbangan dokter kedua ini pas banget baru di tera, petugas tera baru aja keluar dari ruang penimbangan, berarti hampir dapat diyakini bener dong ya.. Oh my.. ternyata drama selama iniiiii… *bantingtimbangan. Belum pernah rasanya sejak El lahir gw pulang dari DSA sambil senyum senyum gembira.. Alhamdulillah.. lega.
Andai temen-temen mengalami hal yang serupa, harus inget untuk tetap nikmatin aja prosesnya, kalo harus ada target ASIP, ya diusahakan, tetap aware tapi jangan jadi kepikiran yang gimana gimana. Temukan dokter yang bener bener cocok sama kita, jadi lebih menenangkan. Waktu terlalu berharga untuk nggak dinikmati tiap detiknya.

0 Responses to Drama ASI dan Berat Badan

Post a Comment

Tick.. Tack..

Daisypath Anniversary tickers Lilypie Kids Birthday tickers

Blap Blip Blup

Popular Posts